25.4 C
New York
Monday, July 8, 2024

Dinkes Kota Medan Gelar Beragam Kegiatan di HKN ke-59

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-59, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan menghadirkan serangkaian kegiatan yang dimulai, Senin (13/11/23) mendatang. Hal ini disampaikan Ketua Panitia HKN ke-59 Kota Medan, dr Heva Julietta Sinaga kepada wartawan, Jumat (10/11/23).

“Hari Kesehatan Nasional diperingati pada tanggal 12 November. Nah karena jatuh pada hari Minggu, rangkaian kegiatan HKN Kota Medan akan dimulai dari Senin tanggal 13 November,” ucap Heva Sinaga yang juga Kepala Puskesmas Medan Helvetia.

Heva menuturkan, peringatan HKN ke-59 Kota Medan akan dimulai dengan upacara pada Senin 13 November di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Medan. “Pada upacara HKN, akan diserahkan penghargaan kepada Nakes teladan dan pemberian sertifikat untuk rumah sakit yang berkontribusi dalam acara HKN seperti seminar kesehatan,” terang Heva.

Menariknya, rangkaian kegiatan HKN ke 59 yang mengusung Tema Hari Kesehatan Nasional 2023 “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” ini, telah dimulai sejak tanggal 4 November dengan diselenggarakannya seminar kesehatan oleh 7 rumah sakit, dan rencananya akan berlanjut hingga minggu depan.

Baca Juga : Jelang HKN ke-59, Dinkes Sumut Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis

Kemudian, pada tanggal 21 November dengan izin dari Pemerintah Kota, akan diadakan kegiatan bakti sosial (baksos) berupa screening TBC, post bindu PTM, pemeriksaan kesehatan fisik, pemberian kacamata gratis, dan pemeriksaan stres untuk ASN Pemko.

“Pemeriksaan stres untuk ASN Pemko ini baru digelar tahun ini di HKN. Sebab, kesehatan jiwa ini menjadi prioritas di Kementrian Kesehatan, tidak hanya fisik saja mental sudah menjadi perhatian. Program ini cukup bagus. Jadi dalam pemeriksaan itu nanti ada 20 pertanyaan yang diajukan untuk diisi ASN dari pertanyaan itu nanti ditemukan apakah ada indikasi gangguan mental dan nantinya akan kita arahkan untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Begitu juga dengan pemeriksaan TBC,” jelasnya.

Terkait penghargaan, Heva Sinaga menyebutkan bahwa ada 27 orang Nakes yang akan mendapatkan penghargaan dari 9 kriteria yang berbeda. Selain itu, rumah sakit yang berkontribusi dalam menyelenggarakan seminar kesehatan akan menerima bentuk penghargaan berupa plakat atau sertifikat.

Baca Juga : Peringati HKN, ASN Diminta Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Heva juga menyampaikan bahwa pada tanggal 22 November akan diadakan acara puncak HKN dengan berbagai kegiatan, seperti stand, bazar, perlombaan nyanyi solo, perlombaan senam CTPS, dan fashion show dengan pakaian rapi.

“Diharapkan dengan digelarnya kegiatan HKN ini bisa memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat, meningkatkan pelayanan kesehatan, dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (anita/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles