31.7 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Uskup di Sidney Diserang dan Ditikam Saat Berkhotbah di Hadapan Jemaat

Sydney, MISTAR.ID

Uskup Mar Mari Emmanuel, diserang saat memberikan khotbah di Gereja Kristus Sang Gembala yang Baik di Wakeley, kota Sub Urban Sydney, New South Wales, Australia, Senin (15/4/24) sekira pukul 19.00 waktu setempat.

Uskup Emmanuel – yang memiliki banyak pengikut di media sosial – dilaporkan ditikam dengan pena beberapa kali dan segera dilarikan ke rumah sakit. Empat orang lainnya juga mengalami hal serupa dalam penyerangan tersebut.

Pelaku dilaporkan telah ditahan oleh jemaat gereka sebelum polisi datang mengamankannya.

Foto-foto penikaman yang beredar menunjukkan pelaku tersenyum ke kamera saat ditahan jemaat di lantai gereja Asyur.

Baca juga: Singapura Lantik Perdana Menteri Lawrence Wong Malam Ini

Kerumunan jemaat yang marah membanjiri jalanan di luar gereja setelah serangan itu – dilaporkan memanggil untuk memotong jari tersangka.

Rekaman menunjukkan batu dan botol dilemparkan ke polisi anti huru-hara saat ketegangan meledak atas penikaman terbaru yang mengguncang kota dalam dua hari.

Peristiwa yang terekam dalam siaran langsung Youtube itu terjadi saat Uskup Emmanuel sedang memberikan khotbah di altar gereja. Ia terlihat sedang berbicara ketika seorang pria dengan tenang mendekat lalu menyerang wajah dan lehernya dengan senjata.

Pemimpin gereja itu jatuh ke tanah dan terdengar jeritan dari jemaat saat beberapa jemaat bergegas maju untuk membantu. Uskup Emmanuel kemudian dibawa dengan ambulans ke rumah sakit dengan tandu di depan kerumunan yang semakin ramai.

Dua anggota kepolisian dilaporkan terluka dalam kerumunan lebih dari 5.000 orang di luar gereja.

Satu laporan mengatakan, penonton yang marah berteriak meminta penyerahan tersangka saat dia diamankan di dalam gedung.

Polisi New South Wales sejak itu mengonfirmasi bahwa dia telah dikeluarkan dari gereja dan dibawa ke lokasi yang tidak diungkapkan.

Mereka mengatakan polisi terus bekerja untuk mengembalikan ketertiban di Wakeley menyusul laporan bahwa sejumlah orang ditikam di gereja.

Baca juga: Biden Desak Kongres Loloskan RUU Bantuan 14 M Dolar Bagi Israel

“Petugas menangkap seorang pria dan dia membantu polisi dengan penyelidikan. Orang-orang yang terluka mengalami luka non mengancam jiwa dan sedang diobati oleh paramedis Ambulans NSW. Respon polisi besar-besaran sedang berlangsung dan masyarakat diimbau untuk menghindari area tersebut,” kata pernyataan kepolisian, seperti dikutip TheSun.

Paramedis mengonfirmasi seorang pria berusia 50-an itu dilarikan ke rumah sakit dengan luka tusukan.

Tiga orang lainnya diperlakukan di tempat kejadian – termasuk seorang pria berusia 30-an dan dua lainnya dengan luka sayatan di lengan dan tangan.

Rumah Sakit Liverpool di Sydney – di mana Uskup Emmanuel dilaporkan berada dalam kondisi stabil – dikatakan dalam kondisi lockdown.

Polisi belum memberikan penjelasan terkait motif penyerangan tersebut. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles