19.1 C
New York
Friday, May 24, 2024

Singapura Lantik Perdana Menteri Lawrence Wong Malam Ini

Singapura, MISTAR.ID

Pemerintah Singapura menetapkan 15 Mei sebagai tanggal penyerahan kepemimpinan negara dari Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang akan mundur kepada penggantinyan Lawrence Wong.

Kantor Perdana Menteri (PMO) Singapura dalam pernyataannya, Senin (15/4/24) mengatakan bahwa Lee (72) secara resmi akan menyarankan Presiden Tharman Shanmugaratnam agar melantik Wong, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan, sebagai pengganti dirinya.

“Perdana Menteri baru akan dilantik pada Senin (15/4/24) pukul 8 malam (pukul 21.00 WIB) di istana,” bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Presiden Israel Sebut Serangan Iran Sebagai Pernyataan Perang

Kantor Perdana Menteri menyatakan bahwa Wong mendapat dukungan bulat dari anggota parlemen Partai Aksi Rakyat (PAP).

Lee telah bertugas sebagai Perdana Menteri ketiga negara itu sejak tahun 2004 silam.

Pria yang juga menjabat Sekretaris Jenderal PAP itu telah memimpin partai tersebut dan memenangkan empat pemilihan umum Singapura berturut-turut pada 2006, 2011, 2015, dan 2020.

Sebagai putra sulung Perdana Menteri pertama Singapura Lee Kuan Yew, Lee Hsien Loong pertama kali terpilih sebagai anggota parlemen pada tahun 1984, dan terpilih delapan kali kembali dengan terakhir mewakili Ang Mo Kio GRC.

Pada November 2023 lalu, Lee mengumumkan niatnya mundur dari jabatan perdana menteri yang saat ini dipegangnya.

Dalam unggahannya di Facebook, Lee meminta seluruh rakyat Singapura untuk memberikan dukungan penuh kepada Wong dan timnya untuk menciptakan masa depan yang cerah bagi negara tersebut.

Baca juga: Biden Desak Kongres Loloskan RUU Bantuan 14 M Dolar Bagi Israel

“Lawrence dan tim 4G telah bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan rakyat, terutama selama pandemi. Melalui usaha ‘Forward Singapore’, mereka telah bekerja dengan banyak warga Singapura untuk menyegarkan kembali kontrak sosial dan mengembangkan agenda nasional untuk generasi baru,” katanya.

Tim 4G merujuk kepada generasi keempat pemimpin politik Singapura. Lee juga menegaskan bahwa tim 4G berkomitmen untuk memastikan Singapura tetap berfungsi dengan baik dan terus maju.

“Ini akan selalu menjadi prioritas pemerintah,” katanya, seperti dikutip MyMetro. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles