20.2 C
New York
Thursday, May 23, 2024

Biden Desak Kongres Loloskan RUU Bantuan 14 M Dolar Bagi Israel

Washington DC, MISTAR.ID

DPR Amerika Serikat (AS) didesak Presiden Joe Biden untuk meloloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) bantuan sebesar $ 14 miliar dolar bagi Israel yang akan dibahas minggu ini.

Dirangkum dari Al Jazeera, pada Senin (15/4/24), Biden sudah mendesak para pemimpin Kongres agar meloloskan RUU pengeluaran yang mencakup bantuan terhadap Israel. Itu diutarakan Biden lewat panggilan telepon sebagai respons AS terhadap serbuan balasan Iran.

Ketua DPR dari Partai Republik, Mike Johnson yang ngomong via telepon dengan Biden mengatakan kepada Fox News, jika partainya mengerti perlunya mendukung Israel. Dia bakal mencoba untuk memajukan paket belanja pekan ini.

Baca juga:Joe Biden Peringatkan Netanyahu, AS Tidak Akan Terlibat Jika Israel Serang Iran

Pemerintahan Biden sudah menekan DPR yang didominasi Partai Republik untuk meloloskan paket belanja tambahan keamanan nasional Negeri Paman Sam sebesar $ 95 miliar, yang meliputi terhadap Israel, Ukraina dan Taiwan, sejak Februari lalu.

Anggota DPR nomor 2 dari Partai Republik, Steve Scalise menuturkan, lembaga mereka akan merespons serangan Iran dengan Undang-Undang (UU) yang mendukung Israel, serta meminta pertanggungjawaban Iran dan proksi terorisnya.

Johnson diprediksi akan bertemu pada Minggu (14/4/24) malam waktu setempat dengan anggota kongres yang berkonsentrasi pada masalah keamanan nasional, termasuk Ketua Komite Urusan Luar Negeri DPR, Michael McCaul.

Baca juga:Dukung Israel, Biden Warning Iran Tak Menyerang

Sabtu (13/4/24) dan Minggu (14/4/24), Teheran meluncurkan serangan udara drone dan rudal ke daerah pendudukan Israel. Serbuan itu merupakan bagian dari balasan Iran atas gempuran Israel ke kantor misi diplomatik negara itu di Damaskus, Suriah.

Serbuan Iran ke Israel pada akhir pekan lalu pun menyeret AS menjadi mitra abadi rezim Zionis hingga kini. Biden bahkan sampai menggelar rapat darurat dengan tim keamanan nasionalnya untuk membahas serangan Iran ke Israel itu. (dtk/cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles