9.5 C
New York
Thursday, April 18, 2024

Permen Asal Malaysia Mengandung Obat Ereksi

Singapura, MISTAR.ID

Singapura menemukan permen dari Malaysia yang mengandung obat tadalafil yang biasa digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi. Badan Makanan Singapura mengungkapkan bahwa permen kingu ginseng ini berisiko menyebabkan efek samping serius, termasuk risiko serangan jantung.

Pemerintah Singapura telah meminta platform e-commerce lokal untuk menarik penjualan produk tersebut. Pihak Singapura juga memberikan peringatan kepada masyarakat yang telah mengonsumsi permen tersebut untuk segera melaporkan jika mengalami keluhan kepada fasilitas kesehatan terdekat.

“Kami menyarankan konsumen untuk tidak membeli atau mengonsumsi produk tersebut,” ujar Singapore Food Agency (SFA), Kamis (18/4/24).

Permen kingu ginseng memiliki bentuk seperti kembang gula, terbuat dari kopi dan ekstrak ginseng yang dibungkus secara individual dan dijual dalam kemasan berwarna kuning.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Buat Permen Anti Mabuk

“Tadalafil adalah obat yang memerlukan resep dokter untuk mengatasi disfungsi ereksi dan hanya boleh digunakan di bawah pengawasan medis,” jelas SFA.

Penggunaan tadalafil yang tidak tepat dapat berbahaya dan meningkatkan risiko efek samping serius, termasuk serangan jantung, stroke, sakit kepala, migrain, detak jantung tidak teratur, dan priapisme, yaitu ereksi yang menyakitkan dan berkepanjangan.

Ini juga berisiko serius bagi individu tertentu, terutama mereka yang memiliki masalah jantung. Obat ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah yang berpotensi mengancam jiwa pada orang yang sedang menjalani pengobatan jantung, terutama yang menggunakan obat yang mengandung nitrat, tambah badan tersebut.

SFA menambahkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum yang tegas terhadap siapa saja yang menjual dan memasok produk makanan dengan kandungan dan zat terlarang, atau bahan-bahan yang berpotensi membahayakan masyarakat. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles