11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Jika Menang Lawan Ukraina, Rusia Dikabarkan Bakal Serang NATO

Berlin, MISTAR.ID

Militer Rusia dikabarkan akan melakukan serangan terhadap negara anggota NATO apabila menang melawan Ukraina.  Namun kabar itu ditepis Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg, Minggu (4/2/24).

Ia mengaku tidak melihat adanya ancaman Rusia. “Saat ini kami tidak melihat adanya ancaman militer terhadap sekutu NATO dalam waktu dekat,” ujarnya.

Menurutnya, kemampuan NATO yang cukup tangguh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir dan semua negara anggota telah berinvestasi membenahi pertahanan.

Saat ini NATO telah beradaptasi menghadapi kenyataan baru yang timbul dari aneksasi ilegal Krimea oleh Rusia pada tahun 2014. Hal itu diakui Jens Stoltenberg. “NATO menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan,” terangnya.

Baca juga: Parlemen Turki Akhirnya Menerima Swedia Masuk NATO

Stoltenberg pun mengharapkan Jerman dan semua anggota NATO melakukan memodernisasi angkatan bersenjata mereka dalam melengkapi kebutuhan. Menurutnya, Jerman saat ini merupakan anggota dengan belanja pertahanan tertinggi setelah AS dan Inggris.

Stoltenberg menekankan kontribusi Jerman terhadap pertahanan kolektif NATO juga besar dan mendesak Jerman serta mitra lainnya agar mengintensifkan upaya untuk membangun pertahanan yang andal demi masa depan. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles