22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Jelang Pembukaan Piala Dunia Wanita, 2 Orang Tewas Tertembak di Auckland Selandia Baru

Auckland, MISTAR.ID

Penembakan telah terjadi di lokasi konstruksi di Auckland, Selandia Baru. Dua orang tewas dalam peristiwa itu dan beberapa lainnya luka-luka.

AFP dan Reuters melaporkan pada Kamis (20/7/23) bahwa penembakan itu terjadi di jalan pusat kota yang ramai. Menurut polisi, insiden itu dapat diatasi.

“Itu telah diselesaikan dan ini adalah kasus yang terisolasi,” kata Kepolisian Selandia Baru. Polisi menambahkan bahwa pria bersenjata itu juga tewas.

Baca juga: Perayaan Hari Kemerdekaan AS, 10 orang Tewas Dalam Penembakan Massal

“Kami juga dapat berasumsi bahwa ini tidak menimbulkan risiko keamanan nasional,” kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Insiden itu terjadi hanya beberapa jam sebelum pertandingan pembukaan Piala Dunia sepak bola Wanita (FIFA) kesembilan di Taman Eden di Auckland pada Kamis malam waktu setempat. Piala Dunia digelar serentak di Selandia Baru dan Australia.

Latihan skuat Italia ditunda karena para pemain tidak bisa meninggalkan hotelnya. Sementara itu, tim AS mengatakan semua pemain dan stafnya aman.

Baca juga: Festival di Texas Berakhir dengan Penembakan Brutal, 3 Tewas 8 Terluka

Beberapa jalan di Auckland ditutup. Semua layanan feri ke kota telah dibatalkan, namun bus yang melewati beberapa bagian kota akan dialihkan.

Menurut polisi, pria bersenjata itu berhasil melewati tempat tersebut dan setelah mencapai lantai atas, dirinya bersembunyi di poros lift.

“Lebih banyak tembakan ditembakkan ke pria itu dan beberapa saat kemudian dia ditemukan tewas,” kata polisi.

Baca juga: Peristiwa Penembakan Renggut Nyawa 4 Orang di Philadelphia, Pelaku Ditangkap

“Rincian tentang apa yang sebenarnya terjadi belum diketahui dan polisi akan terus beri tahu tentang cedera dan situasinya.”

Media melaporkan bahwa Perdana Menteri Chris Hipkins telah membatalkan perjalanannya ke kota Hamilton, sekitar 120 kilometer selatan Auckland, dan akan kembali ke ibu kota negara bagian Wellington.

“Ini adalah situasi yang menakutkan bagi warga Auckland yang melakukan perjalanan Kamis pagi. Tetap di rumah dan hindari mengemudi di pusat kota,” kata Walikota Auckland Wayne Brown dalam tweet.

Baca juga: Penembakan Brutal Kembali Terjadi di Amerika Serikat, Dua Orang Tewas

Perdana Menteri Selandia Baru menambahkan bahwa tidak ada ancaman keamanan nasional setelah penembakan fatal tersebut. (Mtr/hm21).

Related Articles

Latest Articles