20.8 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Pasokan Lancar, Harga Daging Ayam di Pematangsiantar Dijual Rp26.000/Kg

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sempat menyentuh hingga Rp30.000/Kg, kini harga daging ayam turun menjadi Rp26.000 hingga Rp27.000/Kg. Turunnya harga daging ayam di Pasar Tradisional Dwikora disebabkan pasokan ayam dari peternak cukup lancar dalam beberapa pekan terakhir.

“Sempat menyentuh Rp30.000 per kilogram. Tapi sekarang sudah berangsur turun di angka Rp26.000 per kilogram,” kata Siti, pedagang daging ayam di Pasar Dwikora, Senin (12/8/24).

Siti tak mengetahui secara persis penyebab turunnya harga daging ayam. Tetapi, beberapa pekan terakhir pasokan daging ayam cukup lancar. “Kurang tahu juga saya, karena dari peternak harganya mengalami penurunan, jadi pedagang menyesuaikan saja. Memang pasokannya cukup lancar,” katanya.

Agus pedagang daging ayam lainnya mengatakan, saat ini dia menjual daging ayam di angka Rp27.000/Kg. Dia mengakui adanya penurunan signifikan terhadap daging ayam. Penurunan itu menurutnya disebabkan banyaknya pasokan daging ayam yang masuk ke pasar tradisional. “Memang pasokannya lancar. Karena itu harganya turun,” ucapnya.

Baca Juga : Harga Daging Ayam di Pasar Siantar Alami Deflasi

Evi, salah seorang ibu rumah tangga saat ditemui di Pasar Dwikora mengatakan, harga daging ayam potong sekarang belum normal dan masih tinggi. Sebab, harga daging ayam potong normal berada di bawah Rp26.000- Rp27.000 per kilogram.

“Kalau dibilang turun, belum menurut kami. Bayangkan saja, harga daging ayam ini tetap bertahan mahal lumayan lama. Terpaksa harus menambah uang pengeluaran dari biasanya,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Pematang Siantar, Benny Sirait mengatakan, hasil pantauan ke sejumlah pasar tradisional harga daging ayam saat ini didapati masih mengalami penurunan.

Benny merinci, untuk di Rumah Potong Hewan (RPH) harga daging sapi saat ini Rp130.000, daging kambing Rp90.000, dan kerbau Rp130.000 per kilogramnya. Sementara harga ayam potong dan ayam kampung kualitas baik, masing-masing Rp26.000 dan Rp63.000 per kilogramnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles