19.9 C
New York
Monday, August 12, 2024

Harga Cabai Merah di Siantar Mahal, Ibu-ibu Beralih ke Bubuk Cabai Instan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Harga cabai merah di Pasar Tradisional Dwikora Pematangsiantar masih bertahan mahal di angka Rp44.000/Kg pada hari ini, sama seperti pekan lalu.

“Cabai merah saat ini mencapai Rp44.000 per kilogramnya. Untuk cabai rawit mencapai Rp36.000 per kilogramnya, dan cabai hijau masih mengalami penurunan harga mencapai Rp20.000 sampai Rp24.000 per kilogramnya,” ujar Mariana salah seorang pedagang cabai di Pasar Tradisional Dwikora, Senin (12/8/24).

Ia mengatakan, lonjakan ini mungkin disebabkan oleh kelangkaan stok di pasaran, serta kemungkinan gagal panen.

“Kita ketahui dalam beberapa bulan ini para petani cabai mengalami kegagalan panen cabai merah,” katanya.

Baca Juga : Harga Komoditas Pangan Murah di Medan, Pedagang: Sepi Pembeli

Warsih pedagang lainnya mengatakan, harga bawang merah masih anjlok sedangkan bawang putih masih bertahan mahal, dan tomat masih mengalami penurunan harga.

“Untuk harga bawang merah masih anjlok di harga Rp20.000 – Rp28.000 per kilogram dan bawang putih Rp36.000 – Rp40.000 per kilogram,” katanya.

Ia mengatakan, tomat masih bertahan di harga Rp4.000 sampai Rp6.000 per kilogramnya. Ia menduga penyebab masih bertahan mahalnya bahan pokok karena faktor cuaca yang tidak menentu, sehingga pasokan komoditas ini dari pedagang berkurang.

Indah, salah seorang ibu rumah tangga saat ditemui di Pasar wikora mengatakan, kenaikan harga cabai membuat dirinya lebih memilih membeli bubuk cabai instan untuk penambah cita rasa pedas pada masakan.

“Mending saya beli bubuk cabai instan, harganya lebih terjangkau. Itung-itung menghemat duit untuk keperluan dapur,” ucapnya. (abdi/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles