13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Harga Bawang Naik Akibat Cuaca Buruk

Medan, MISTAR.ID

Harga bawang merah di Medan bergerak liar. Di Pasar Induk Medan harga bawang merah terpantau dalam rentang Rp30 ribu hingga Rp35.000 per kg. Sebelumnya harga bawang merah ini ada diharga Rp28 ribu.

Menurut amatan dari Ketua Tim Pemantau Pangan Sumut, Gunawan, harga bawang merah yang bergerak liar tersebut dipicu terganggunya proses distribusi dari wilayah produsen bawang ke wilayah Sumatera utara khususnya Kota Medan.

“Sejauh ini, harga bawang merah juga masih terpantau stabil. Bawang merah adalah komoditas yang mampu bertahan lebih lama dibandingkan komoditas pangan lainnya. Sehingga volatilitas yang tinggi di level pedagang besar, belum tentu akan langsung disesuaikan harganya di level pedagang pengecer. Berbeda dengan cabai yang memang volatilitasnya seragam dari pedagang besar ke konsumen,” ujar Gunawan, Rabu (27/3/24).

Baca juga : Harga Cabai Merah dan Daging Ayam Mulai Melemah di Medan

Sejauh ini, sambungnya, di Kota Medan harga bawang merah ditransaksikan dikisaran Rp33.500 hingga Rp38 ribu per kg. Harga bawang merah ditransaksikan stabil sejauh ini di level pengecer. Namun, jika gejolak harga di tingkat pedagang besar nantinya berlangsung untuk waktu yang lama.

“Maka lambat laun harga bawang merah di level pedagang pengecer juga berpeluang mengalami kenaikan. Terlebih, jika distribusi bawang merah yang sejauh ini dipicu oleh cuaca ekstrim seperti banjir, gelombang laut tinggi, curah hujan tinggi hingga kekeringan melanda sejumlah wilayah di tanah air,” sebutnya.

Related Articles

Latest Articles