16 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

BMKG Peringatkan Daerah Ini Rawan Cuaca Buruk, Salah Satunya Simalungun

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan ada sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) yang rawan dengan cuaca buruk, salah satunya Kabupaten Simalungun.

Hal itu diungkapkan Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Endah Paramita, saat dihubungi Mistar melalui sambungan seluler, Jumat (23/2/2024).

“(Daerah yang rawan cuaca buruk) Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas),” ungkapnya.

Selain itu, kata Endah, sebagian wilayah pegunungan dan pantai barat di Sumut juga termasuk daerah rawan dengan cuaca buruk saat sekarang ini.

Baca juga: Medan Diprediksi Berawan Besok, BMKG: Menuju Musim Kemarau

Di samping itu, Endah pun berbicara terkait potensi angin puting beliung di Sumut seperti yang terjadi di daerah Jawa Barat baru-baru ini. Ia mengatakan, angin puting beliung biasa terjadi pada masa peralihan musim.

Namun, dikatakan Endah, potensi terjadinya angin puting beliung di Sumut sendiri terlihat cukup nihil.

“Ada potensi angin kencang untuk wilayah yang terbuka, seperti lapangan terbuka dan sawah. Bukan puting beliung, tetapi angin dengan kecepatan tinggi atau angin kencang,” jelasnya.

Kemudian, Endah menerangkan bahwa saat ini wilayah Sumut telah memasuki musim kemarau.

“Untuk saat ini wilayah kita memasuki awal musim kemarau, dikarenakan cuaca bersifat dinamis yang sewaktu-waktu dapat berubah-ubah. Masyarakat diimbau tetap waspada,” sebutnya. (Deddy/hm17)

Related Articles

Latest Articles