16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Harga Bawang Naik Akibat Cuaca Buruk

Sementara itu, Kota Medan mulai dibanjiri beras dari wilayah Aceh dan Sulawesi Selatan. Dengan varian harga Rp11 ribu hingga Rp12 ribu per kg. Musim panen dari sejumlah wilayah di Luar Sumut berpeluang mendorong banyak pedagang besar untuk mendatangkan beras dari luar Sumut.

Sejauh ini, menurutnya, untuk harganya masih lebih rendah dibandingkan harga realisasi beras di Sumut, yang sejauh ini berkisar Rp13 ribu hingga Rp15 ribu per kg untuk kualitas beras medium.

Baca juga : Harga Bawang Naik di Akhir Pekan, Cabai Turun

“Nah, musim panen yang masih berlanjut di bulan April mendatang, memberikan peluang bahwa harga beras di wilayah Sumut akan relatif terjaga nantinya. Ada peluang tidak mengalami kenaikan, meskipun harga gabah kering panen di Sumut bertahan dikisaran. Belum bisa dipastikan apakah nantinya harga beras yang masuk dari luar wilayah Sumut ini mampu menekan harga beras di Sumut,” terangnya.

Ditambahkan, untuk harga beras tidak akan bergejolak untuk sementara waktu nanti. Namun sayangnya, beras tersebut masih lebih mahal dari harga pembelian beras pemerintah lewat Bulog yang ditetapkan Rp9.950 per kg-nya. Sehingga Bulog masih kesulitan untuk menyerap beras dari petani lokal. (anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles