6.5 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Air Cucian Beras Efektif Menyehatkan Rambut?

MISTAR.ID

Air cucian beras dipercaya mengandung nutrisi, antioksidan, dan antiseptik. Air cucian beras sendiri menjadi viral di TikTok karena Cardi B dan Kim Kardashian mengklaim menggunakan air tersebut untuk mencuci rambut mereka.

Sebenarnya, ini bukan hal baru. Mencuci rambut dengan air beras telah menjadi tradisi di berbagai negara Asia, termasuk di desa Huangluo Yao, Tiongkok. Desa ini pernah dikenal sebagai desa dengan rambut terpanjang di dunia.

Dari sisi medis, ahli spesialis rambut dan kulit kepala meragukan efektivitasnya dalam perawatan rambut modern. Sebab, banyak informasi terkait penggunaan air beras yang belum diteliti secara resmi.

Bagi masyarakat tradisional, air beras diklaim mengandung vitamin, mineral, dan asam amino esensial yang membuat rambut menjadi kuat dan berkilau. Padahal, semua nutrisi tersebut dapat diperoleh melalui makanan yang kita konsumsi. Dimana, memberikan nutrisi pada folikel rambut dari dalam.

Baca juga: Seberapa Sering Anda Harus Cuci Rambut? Begini Saran Trichologist

Ahli spesialis rambut, Andrea Clark mengatakan jika pertumbuhan rambut dapat dipengaruhi oleh genetika, pola makan, dan kesehatan secara keseluruhan. Faktor seperti tidur nyenyak, mengurangi stres, dan pola makan sehat dianggap sebagai kunci untuk pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

“Makanan seperti rumput laut, tahu, dan kacang-kacangan, yang kaya protein dan asam amino, dapat mendukung kesehatan rambut. Beberapa herbal, seperti dong quai, fo-ti, dan buah wu wei wi, diyakini dapat membantu sirkulasi dan mencegah kerontokan rambut,” kata Clark, Minggu (10/12/23).

Clark menambahkan, tidak semua orang bisa cocok dengan satu perawatan rambut. Perawatan rambut menggunakan air beras tetap bisa dicoba meski belum ada penelitian terkait cara ini. (berbagai sumber/hm20)

Related Articles

Latest Articles