17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Usai Shalat Iduladha, Bupati Deli Serdang Distribusikan 9 Ekor Hewan Kurban

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati, HM. Ali Yusuf Siregar bersama ribuan umat muslim shalat Iduladha 1444 H di Lapangan Tengku Raja Muda, Kecamatan Lubuk Pakam, Deli Serdang, Kamis (29/6/23).

Pada kesempatan itu H. Fachrizal dalam jeramhanya mengatakan, shalat Iduladha merupakan hari raya istimewa karena ada dua ibadah agung dilaksanakan di penghujung tahun hijriyah, yakni ibadah haji dan kurban. Keduanya hanya mampu dilaksanakan dengan baik oleh orang yang memiliki kedekatan dengan Allah SWT.

“Keduanya disebut dalam Al Qur’an sebagai salah satu dari syi’ar-syi’ar Islam yang harus dihormati dan diagungkan umat Islam. Bahkan, mengagungkan syiar-syiar agama Allah pertanda adanya ketakwaan. Ini ditegaskan Allah SWT di dalam Surah Al Hajj ayat 32,” kata H Fachrizal.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, ini Syarat Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Hari Raya Kurban, kata Fachrizal, berasal dari kata Qoruba, berarti dekat. Jika posisi seseorang jauh dari Allah SWT, maka seseorang akan merasa lebih baik bersenang-senang, keliling dunia dengan hartanya dari pada pergi ke Mekkah menunaikan ibadah haji.

“Namun bagi hamba yang memiliki kedekatan dengan Robbinya, dia akan mengatakan, Labbaikallahumma labbaik. Demikian juga dengan ibadah kurban, seseorang yang jauh dari Allah akan berat mengeluarkan hartanya untuk tujuan ini. Tapi mereka yang dekat dengan Allah akan sangat mudah untuk mengorbankan segala. Karena yang dimilikinya semata-mata memenuhi perintah Allah SWT, ” tandas Fahcrizal.

Baca juga: Wali Kota Medan dan Gubsu Shalat Iduladha di Lapangan Gajah Mada, Bobby Nasution: Esensinya Adalah Berbagi

Sembelih 25 Ekor Lembu dan Seekor Kambing

Usai shalat Iduladha, bupati, wakil bupati bersama rombongan yang diikuti Sekda, H Timur Tumanggor, Ketua TP PKK Deli Serdang, Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Ketua TP PKK Hj.Sri Pepeni Ali Yusuf Siregar dan para pejabat lainnya melakukan pelepasan dan pemotongan hewan kurban.

Pada pelepasan dan pemotongan hewan kurban yang dilakukan di pelataran parkir Kantor Bupati Deli Serdang. Pemkab menyediakan kurban 44 hewan lembu dan satu ekor kambing. Dari 44 ekor itu, sebanyak 9 ekor didistribusikan untuk Kecamatan Percut Sei Tuan, Sibolangit, Beringin, Kutalimbaru, Namorambe, Lubuk Pakam, Pagar Merbau, STM Hilir, Patumbak dan Labuhan Deli. Masing-masing daerah itu satu ekor. Sedangkan 25 ekor disembelih di pelataran parkir Kantor Bupati.(rinaldi)

Related Articles

Latest Articles