8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Jaga Norma Seni, Pj Wali Kota Tebing Tinggi: Upaya Kita Menegakkan Syiar Agama

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, mengatakan seni merupakan hal baik namun harus menjaga norma. Hal itu merupakan bagian upaya manusia untuk menegakkan syiar agama.

Dijelaskan, agama islam mengenal keindahan, mengakui keindahan baik dalam bentuk seni suara tilawah, keindahan dalam bentuk seni lukis, ada kaligrafi dan sebagainya.

Hal tersebut disampaikan Syarmadani dalam penutupan MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) ke 53 tahun dan FSQ (Festival Seni dan Qasidah) ke 17 tahun tingkat Kota Tebing Tinggi, di Lapangan Merdeka Sri Mersing, Jalan Dr. Sutomo pada Jumat malam (8/3/24).

Lebih lanjut dikatakan Syarmadani, Islam tidak anti pada seni, tapi Islam juga menjaga seni itu supaya tetap terjaga normanya.

Baca juga: Pesantren Mempunyai Arti Penting Membina Kehidupan Beragama

“Kita akan memperlihatkan bahwa Islam tidak anti pada seni. Tapi Islam juga menjaga seni itu supaya tetap terjaga normanya, tidak harus memperturutkan syahwat untuk sebuah seni, tapi seni yang terjaga justru membuatnya semakin bersih, semakin indah, dalam diri kita lakoni dalam kehidupan sehari-hari,” kata Syarmadani.

Didalam memahami perintah-perintah agama ini, sambung Syarmadani, sangat diharapkan bahwa kita juga saling menjaga toleransi, pemahaman kita terhadap sebuah norma akan terjadi perbedaan pendapat, namun dengan pemahaman bahwa kita kembali kepada sunnah dan Quran.

“Kami berharap kondisi ini dapat terus kita jaga dan mudah-mudahan kita semua tetap dapat bersatu bersinergi harmonis melanjutkan pembangunan yang ada di kota Tebing Tinggi. Mudah-mudahan ke depan Kota Tebing Tinggi ini semakin baik dari sehari-hari dan mudah-mudahan kita menjadi kiblat kemajuan bagi daerah-daerah yang lainnya,” ucapnya.

Baca juga: Wapres: Keberagaman dan Kesepakatan Bangsa Ini Wajib Kita Hormati

Kepada juara yang terpilih nantinya, Syarmadani menyampaikan agar terus mengasah kemampuan diri, mengingat nantinya masih adanya MTQ tingkat provinsi dan MTQ tingkat pusat/ nasional.

“Dimohon untuk terus mengasah, ditingkatkan kemampuan, mudah-mudahan semakin sukses tidak hanya nanti di tingkat provinsi bahkan nasional. Kami semua yang ada disini rindu bahwa para peserta nanti akan mampu membawa nama baik Kota Tebing Tinggi ke level nasional maupun mungkin internasional. Amin, mudah-mudahan,” harapnya.

Terkait memasuki Bulan Suci Ramadhan, Syarmadani juga turut mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah, kiranya menyambut dengan penuh semangat kegembiraan dan nanti pada akhirnya akan mencapai sebuah kemenangan yang hakiki, menjadi hamba insan yang bertakwa.

Baca juga: MTQ Nasional ke-56, Generasi Muda Diajak Mendalami Alquran

“Kita tingkatkan toleransi, semoga pelaksanaan ibadah Ramadhan juga dapat berjalan dengan baik. Terima kasih kepada seluruh peserta, para dewan juri dan penyelenggara. Mari kita akhiri MTQ Ke 53 dan FSQ ke 17 ini dengan sama-sama membaca basmallah,” pungkasnya.

Perlu diketahui adapun  juara umum  diraih Kecamatan Padang Hulu dengan nilai 113, dan berhak dengan piala tetap Wali Kota, mengingat telah 3 tahun berturut-turut meraih juara umum. Sementara juara 2 diraih Kecamatan Padang Hilir nilai 87, juara 3 diraih Kecamatan Rambutan nilai 58, juara ke 4 dengan nilai 31 diraih Kecamatan Bajenis dan juara ke 5 Kecamatan Tebing Tinggi Kota dengan nilai 20. (nazli/hm17)

Related Articles

Latest Articles