23.8 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Wapres: Keberagaman dan Kesepakatan Bangsa Ini Wajib Kita Hormati

Deli Serdang, MISTAR.ID

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pun meminta Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI), untuk terus berperan proaktif menjadi penjaga terdepan nilai-nilai luhur Pancasila, NKRI, serta persatuan dan kesatuan nasional.

Keberagaman dan kesepakatan bangsa, kata Ma’ruf Amin, wajib dihormati dan jaga bersama. “Jangan memberi celah pihak manapun untuk menggoyahkan NKRI, termasuk upaya untuk membenturkan keagamaan dan kebangsaan,” tegasnya.

Hal disampaikan saat menghadiri Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara dari Sumatera Utara, di GOR Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumut, Jalan Willem Iskandar, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: Imbas Penutupan Jalan Gaharu, Pedagang Plat Kendaraan Keluhkan Omset Menurun

Lebih lanjut Wapres meminta JBMI–sebagai salah satu organisasi muslim terbesar di Sumut–untuk memperluas peran dalam syiar Islam, penguatan kebangsaan, dan peningkatan literasi budaya yang menjangkau semua kelompok masyarakat.

Dalam menghadapi tantangan keberagaman bangsa, Wapres juga meminta seluruh pemangku kepentingan untuk konsisten mengembangkan moderasi beragama.

Indonesia, kata Ma’ruf, merupakan bangsa besar yang berdiri di atas keragaman agama, suku dan budaya. Berkah keberagaman dari Allah SWT ini bisa saja menjadi bumerang jika tidak dirawat dengan baik, sehingga menimbulkan konflik yang berujung pada perpecahan.

Related Articles

Latest Articles