18.8 C
New York
Sunday, May 26, 2024

DPRD Toba Dapil I Tinjau Galian C Ilegal di Desa Siboruon

Toba, MISTAR

DPRD Kabupaten Toba asal daerah pemilihan (Dapil) I  yang meliputi dua Kecamatan yaitu Balige dan Tampahan melakukan pertemuan dengan camat dan menanggapi keluhan warga, termasuk soal galian C ilegal di Desa Siboruon pada Senin (6/5/2024).

DPRD melakukan kunjunganTujuannya untuk mengumpulkan bahan keterangan untuk pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Toba  TA 2023 atas pengerjaan fisik dan non fisik TA 2023 di daerah ini, apakah sudah tepat sasaran, tepat guna dan sesuai spek.Diketahui keadaannya semua sudah terlaksana dengan 100 persen.

Kunjungan mulai sekitar pukul 8.00 WIB di Kantor  Camat Balige. Tim terdiri yang diketuai Patuan Pardede terdiri dari Sabaruddin Tambunan ,Frans Hendrik Tambunan, dan Boy Antony Simangunsong. Mereka berdialog dengan Camat Balige Partogi Tambunan, para kepala desa/lurah dan para pimpinan/perwakilan perangkat daerah.

Baca juga: Galian C Ilegal Berlanjut, DLH dan Polres Toba Tutup Mata

Seusai pertemuan, dilakukan kunjungan lapangan ke Desa Siboruon terkait galian C ilegal dilanjutkan ke Desa Sibolahotang SAS terkait saluran air bermasalah yang berada di samping KFC Balige.

Sekitar pukul 14.00 WIB, tim dan pimpinan /perwakilan perangkat daerah melanjutkan pertemuan dengan Camat Tampahan dan para kepala desa.

Diketahui di beberapa desa seperti Desa Tarabunga dan Tangga Batu Barat tidak ada kegiatan fisik TA 2023. Pada kesempatan tersebut, pihak Dinas PUTR menjelaskan adanya pengerjaan bersumber anggaran provinsi, Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) TA 2023 yaitu pengaspalan jalan di Desa Lintong Nihuta.

DPRD Kabupaten Toba  berharap agar Pemerintah Desa lebih terbuka terhadap masalah yang dihadapi tanpa memvonis tapi memperbaiki. Diminta juga  pihak perangkat daerah terkait ke depan agar menyurati surat rekomendasi ke camat untuk diteruskan ke desa tentang adanya kegiatan fisik ,tujuannya agar ada kesinkronan informasi. (nimrot/hm17)

Related Articles

Latest Articles