15.6 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Momen Langka, Presiden Putin Boyong Koper Nuklir saat Berkunjung ke China

Beijing, MISTAR.ID

Video merekam momen langka Presiden Rusia, Vladimir Putin di China bersama para asistennya memboyong koper “nuklir” Rusia.

Usai pertemuan dengan Presiden China, Xi Jinping di Beijing pada Rabu (18/10/23), Putin terekam sedang menuju pertemuan lain yang dikelilingi petugas keamanan dan diikuti oleh dua perwira angkatan laut Rusia berseragam dan masing-masing membawa koper. Kamera kemudian memperbesar salah satu koper.

Koper nuklir Rusia biasanya dibawa oleh  perwira angkatan laut. Koper ini dinamakan “Cheget” (diambil dari nama Gunung Cheget di Pegunungan Kaukasus) dan selalu dibawa oleh presiden, namun jarang difilmkan.

Baca juga : Presiden Putin Tanggapi Statmen Presiden Biden

“Ada beberapa koper yang tanpanya perjalanan Putin tidak akan lengkap,” kata Koresponden Kremlin dari kantor berita resmi RIA, Kamis (19/10/23), seperti dikutip Reuters.

Dalam video lainnya, Putin  keluar dari pertemuan di Beijing dengan para perwira angkatan laut, dan sekali lagi merekam Putin tersenyum hanya beberapa meter jauhnya saat ia berjalan menuruni tangga.

Presiden AS juga memiliki alat yang disebut “bola nuklir”. Koper tersebut berisi kode yang akan digunakan presiden untuk memerintahkan peluncuran rudal nuklir jika dia tidak berada di Gedung Putih.

Related Articles

Latest Articles