13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Meski Libur Telah Usai, Polres Samosir Tetap Siaga Jaga Keamanan Pelabuhan

Samosir, MISTAR.ID

Pasca berakhirnya Operasi Ketupat Toba 2024 pada tanggal 16 April 2024, Polres Samosir melanjutkan upaya pengamanan dengan meluncurkan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

Kapolres Samosir,AKBP Yogi Hardiman melalui Kasi Humas, Pandu Marpaung mengatakan, kegiatan ini melibatkan 73 personel Polres Samosir dengan peran yang terbagi. Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan dan kelancaran lalu lintas.

Disebutkannya, fokus utama KRYD adalah pelayanan di Pelabuhan Kapal dan upaya Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas) di Pos Pelayanan Pelabuhan Simanindo, Pelabuhan Ambarita, dan Pelabuhan Tomok.

Baca juga: 67 Personel dapat Bingkisan Lebaran dari Kapolres Samosir

Ditambahkannya, Polres Samosir bekerja sama dengan berbagai instansi terkait dan mitra kamtibmas untuk mengamankan arus balik pasca libur lebaran. juga menekankan kegiatan prevtif dan preventif, didukung dengan penegakan hukum untuk memastikan keamanan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung.

Kegiatan ini melibatkan seluruh wilayah hukum Polres Samosir, terutama yang memiliki potensi wisata tinggi seperti Bukit Sibeabea di Kecamatan Harian, Patung Sigale-gale dan Makam Raja Sidabutar di Kecamatan Simanindo menjadi sorotan karena merupakan kawasan dengan potensi kunjungan yang tinggi.

Kasi Humas Polres Samosir,  menjelaskan bahwa “kegiatan ini dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 17 hingga 23 April 2024.

Baca juga: Polres Samosir Laksanakan Rapat Latihan Praops Ketupat Toba

“Hal ini dilakukan mengingat tingginya kunjungan wisata dan permintaan tiket online kapal feri yang terjual habis sesuai trip kapal feri, dan antrian panjang di pelabuhan kapal feri tomok sehingga diperlukan pengamanan ekstra untuk memastikan keamanan lalu lintas dan pelayanan di pelabuhan kapal,” katanya, Rabu (17/4/24).

Ditambahkannya, untuk informasi lanjut di sekitar Pos, kita telah menyiapkan no kontak yakni Pos Pelayanan Simanindo an. AIPDA Barto Antonius Simalango +62 821-7160-1364, Pos Pelayanan Ambarita an. AKP Nandi Butarbutar, S.H +62 823-6555-9727 dan Pos Pelayanan Tomok an. AIPDA Efendi M Siregar +62 813-6178-3077. (pangihutan sinaga/hm17)

Related Articles

Latest Articles