13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Polres Samosir Laksanakan Rapat Latihan Praops Ketupat Toba

Samosir, MISTAR

Polres Samosir menggelar rapat Latihan Pra Operasi (Lat Praops) Ketupat Toba 2024 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H di wilayah Kabupaten Samosir, Senin (1/4/24).

Rapat digelar di Aula Wira Pinandita Mako Polres Samosir, dipimpin Wakapolres Kompol ST Panggabean.

Dalam arahannya yang disampaikan Wakapolres ST Panggabean, Kapolres Samosir, AKBP Yogy Hardiman mengatakan, kegiatan dasar yang dimulai saat ini yakni Lat Pra Ops dan dilanjutkan dengan rapat lintas sektoral pada 2 April 2024.

Baca juga: Sepekan Jelang Lebaran, Warga Antusias Tukarkan Uang

“Tanggal 3 April pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dan pelaksanaan Ops Ketupat Toba 2024 Polres Samosir dilaksanakan mulai tanggal 04-16 April 2024 yakni 13 hari. Dan kita juga persiapkan 7 hari dari tanggal 17-23 April 2024 pelaksanaan kegiatan rutin yang ditingkatkan untuk mengantisipasi arus balik,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, Polres Samosir rencananya akan menurunkan 148 personel dalam pelaksanaan Ops Ketupat Toba 2024 dengan kesiapan rencana 3 Pos Pengamanan, 3 Pos Pelayanan dan 1 Pos Terpadu.

Pos Pengamanan berada di Pasir Putih Parbaba Kecamatan Pangururan, Pos Simpang Tiga Tele, Pos Simpang Gonting Kecamatan Harian.

Sedangkan pos pelayanan berada di Pelabuhan Simanindo, Pelabuhan Ambarita, Pelabuhan Tomok, Kecamatan Simanindo, satu pos terpadu di simpang empat Jalan Gereja, Kecamatan Pangururan.

“Tugas pokok Pos Pelayanan yakni pengamanan terkait pencegahan gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas, pelayanan kesehatan, informasi mudik dan inovasi lainnya,” katanya.

Baca juga: Sidang MK, Kunjungan Jokowi Disebut Pengaruhi Suara Prabowo-Gibran

Sementara tugas pokok pos pengamanan yakni pengamanan terkait pencegahan gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas dan upaya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas. Sedangkan tugas pokok pos terpadu yakni pengamanan dan sebagai pusat K3 di lapangan.

Dijelaskan juga terkait tempat wisata favorit, data rawan macet, data rawan kecelakaan, data pasar tumpah, data rawan longsor, lokasi jalan rawan amblas, rencana rekayasa lalu lintas.

Usai rapat, Wakapolres mengatakan pelaksanaan pengamanan dan pelayanan di Pos Ops Ketupat Toba 2024 Polres Samosir akan didukung unsur TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol-PP dan dari tenaga medis Kabupaten Samosir.

“Adapun pertanyaan-pertanyaan dan masukan dalam rapat Lat Pra Ops Ketupat Toba 2024 Polres Samosir akan kita bahas juga di Rapat Lintas Sektoral,” pungkasnya. (Pangihutan/hm22)

Related Articles

Latest Articles