13.2 C
New York
Friday, May 3, 2024

Indonesia dan UEA Sepakat Kembangkan Pencak Silat

Dubai, MISTAR.ID

Pemerintah Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) sepakat untuk bekerja sama mendukung pengembangan seni bela diri tradisional pencak silat Indonesia dengan menyelenggarakan turnamen internasional.

“Pencak silat merupakan olahraga kebanggaan bangsa kita. Sinergi dengan UEA, negara yang menaruh perhatian khusus pada pencak silat, diharapkan dapat mempromosikan pencak silat kepada masyarakat yang lebih luas di dunia,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Hal tersebut disampaikannya saat pertemuan bilateral dengan Menteri Pendidikan UEA Ahmad Belhoul Al-Falasi di Abu Dhabi pada Jumat (24/4/2024).

Baca juga: PON 2024 Mendatang, Ikatan Pencak Silat Indonesia Asal Sumut Optimis Raih Medali Emas

Dito Ariotedjo berharap kerja sama tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan olahraga kedua negara.

“Indonesia dan UEA telah berhasil menjaga hubungan baik sejak tahun 1976. Kerja sama ini diharapkan dapat semakin mempererat tali silaturahmi kedua negara, yang pada gilirannya diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap bidang olahraga dan pemuda,” ujarnya.

Menteri Al-Falasi yang juga menjabat sebagai Ketua Otoritas Umum Olahraga UEA menegaskan dukungan pemerintahnya terhadap penyelenggaraan turnamen internasional pencak silat di negaranya.

Baca juga: Terakhir 2011, Pencak Silat Indonesia Akhirnya Raih 9 Emas di SEA Games Kamboja

“UEA mendukung penuh terselenggaranya kejuaraan pencak silat dunia di UEA tahun ini,” ujarnya.

Dito Ariotedjo juga menyampaikan kesediaan pemerintah Emirat untuk mendukung pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2027.

“UEA mendukung tawaran Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 2027 dengan senang hati,” ujarnya. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles