5.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Konflik Iran-Israel, DPR RI Ingatkan Pemerintah Tak Terlibat

Jakarta, MISTAR.ID

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Demokrat Rizki meminta Pemerintah Indonesia untuk tidak melibatkan diri atas konflik yang terjadi antara Iran dan Israel.

“Indonesia harus mengambil tempat untuk tidak terlibat dalam konflik Iran dan Israel,” katanya, Minggu (14/4/24).

Ia juga meminta pemerintah dapat memastikan bahwa konflik dua negara itu tidak merugikan kepentingan Indonesia. Karena itu, pemerintah diingatkan agar terus memantau perkembangan politik internasional yang muncul dari konflik Iran-Israel.

Menurutnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia harus jeli mengamati dinamika konflik agar potensi yang dapat merugikan Indonesia sedini mungkin dapat diatasi.

Presiden Joko Widodo juga diharapkan agar memperhatikan keamanan warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, khususnya tinggal di Timur Tengah.

Baca juga: Perang Iran-Israel, Dikhawatirkan Harga Minyak Merangkak Naik

Rizki pun meminta Indonesia supaya berperan aktif dalam menyelesaikan masalah dengan cara-cara damai.

“Posisi Indonesia sebagai negara yang selalu menginginkan perdamaian dunia pastinya meminta kepada seluruh pihak untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang ada melalui cara-cara damai,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Rizki menilai bahwa Iran menyerang Israel sudah memiliki pertimbangan sendiri. Namun kondisi ini diyakini telah memperkeruh keamanan regional timur tengah, apalagi di saat semua pihak masih mengedepankan kekuatan teknologi perang. (detik/hm17)

Related Articles

Latest Articles