9.1 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Perang Iran-Israel, Dikhawatirkan Harga Minyak Merangkak Naik

Jakarta, MISTAR.iD

Kondisi geopolitik di Timur Tengah akibat perang Iran-Israel mulai menunjukan tingginya kekhawatiran. Hal tersebut ditandai dengan harga minyak mentah di pasar spot kembali merangkak naik.

Pada perdagangan hari ini, Senin (15/4/2024) pada pukul 07.45 WIB, harga minyak brent menguat 0,22% ke posisi US$90,65 per barel. Selain itu harga minyak WTI naik 0,08% ke posisi US$85,73 per barel.

Ketegangan di Timur Tengah antara Iran dan Israel terjadi khususnya pasca Iran menghujani Israel dengan rudal pada Sabtu pekan lalu di malam hari waktu setempat. Dilaporkan Teheran telah menembak 300 rudal dan drone berbagai jenis ke Negeri Zionis.

Ini menjadi pembalasan terbaru Iran pada musuh bebuyutannya itu. Iran mengklaim melakukan hal itu sebagai aksi balasan atas serangan rudal Israel ke konsulat Iran di Damaskus Suriah, yang menewaskan tujuh orang, termasuk tiga jenderal pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC).

Baca juga:Genting! Sri Mulyani Rapat Dampak Perang Iran-Israel ke RI

Tidak hanya Iran, serangan juga diberikan oleh faksi-faksi pro Iran di sejumlah negara. Seperti kelompok pejuang Palestina, Hamas, kelompok Hizbullah di Lebanon, kelompok Houthi di Yaman, dan pemerintah Suriah rezim Presiden Bashar Al-Assad.

“Beberapa peluncuran juga dilakukan terhadap Israel dari Irak, Yaman dan Lebanon,” tegas Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Serangan dilakukan persis setelah IRGC menyita kapal kargo di Selat Hormuz yang diklaim memiliki koneksi di Israel. Di sejumlah kota yang ada di Iran, serangan dirayakan warga dengan mengibarkan bendera Iran dan Palestina. (mrt/hm06)

Related Articles

Latest Articles