6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

PON 2024 Mendatang, Ikatan Pencak Silat Indonesia Asal Sumut Optimis Raih Medali Emas

Medan, MISTAR.ID

Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Utara (Sumut) optimis targetkan 4 medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023 Aceh-Sumut.

Ketua Lembaga Wasit, Juri Lili Zairiyan mengatakan, alasan target 4 emas itu mengacu hasil dari Kejuaraan Terbuka Pertama Pencak Silat Piala Kasad 2023 di Jawa Barat, Mei lalu. Dari 8 atlet, Sumut berhasil meraih 1 emas.

“Tapi ada 2 atlet yang merupakan personel TNI AD membela Tim Garuda dan meraih 2 emas, keduanya merupakan atlet Pelatda (PON) Sumut,” kata Lili, Rabu (12/7/23).

Baca juga: Terakhir 2011, Pencak Silat Indonesia Akhirnya Raih 9 Emas di SEA Games Kamboja

Sementara itu, Pelatih Pelatda Pencak Silat Sumut Pedomanta Keliat mengatakan, untuk saat ini ada 22 atlet Pelatda yang dipersiapkan untuk mengikuti 18 nomor pertandingan.

“Rencananya akan ada 4 atlet tambahan, tinggal nunggu SK saja dari KONI Sumut,” kata Pedomanta.

Dia juga mengatakan, tim Pelatda pencak silat Sumut sudah menjalani 10 kali sesi latihan yang berada 2 lokasi, yakni Unimed dan Hubdam I/BB (Namorambe, Deli Serdang). Ia juga mengaku memiliki beberapa kendala.

Baca juga: Pencak Silat Indonesia Raih 2 Emas di SEA Games 2023

“Tidak jauh beda dengan cabang olahraga lainnya, kami juga memiliki beberapa kendala, terutama di peralatan. Kami masih kekurangan pecing, samsak, dan pelindung badan,”ujarnya.

Diketahui Ketua Umum Pengprov IPSI Sumut Dahliana, diwakili Wakil Ketua Umum 2 M. Syahrir mengatakan, dari 22 nomor yang dipertandingkan, dengan optimis akan menargetkan 4 emas di Posko Publikasi PON 2024, Medan, Selasa (11/7/23) lalu. (andreas/hm17)

Related Articles

Latest Articles