24.8 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Terakhir 2011, Pencak Silat Indonesia Akhirnya Raih 9 Emas di SEA Games Kamboja

Jakarta, MISTAR.ID

Indonesia bisa meraih 9 medali emas di cabang olahraga (cabor) pencak silat terakhir pada SEA Games 2011 yang digelar di Indonesia.

Selebihnya, sejak saat itu tim pencak silat Indonesia tidak bisa meraih emas lebih dari 5.

Namun kali ini Indonesia menjadi juara umum cabor pencak silat di SEA Games 2023 Kamboja. Dengan raihan 9 emas, 6 perak, dan 1 perunggu, Indonesia mengukir sejarah, yakni meraih jumlah medali emas lebih banyak dibanding pencapaian pada SEA Games sebelumnya jika bertanding di luar Indonesia.

Baca juga: Mahasiswi Unimed Raih Medali Emas Balap Sepeda MTB di SEA Games Kamboja

“Tertinggi di SEA Games luar Indonesia. Saya target awalnya memang cuma 5 emas, karena tidak overconfident. Saya sebenarnya yakin dengan atlet-atlet kita, berkaca dari World Championships 2022 di Malaysia, dengan kombinasi senior-junior bisa mendapat 11 medali emas waktu itu,” kata Kepala Pelatih Timnas Pencak Silat Indonesia, Indro Catur Haryono, Kamis (11/5/23).

Indro menerangkan, awalnya hanya menargetkan minimal 5 emas. Sebab, jika melihat tren yang ada, tim pencak silat Indonesia belum pernah mendapat emas sebanyak 9 jika tak menjadi tuan rumah SEA Games.

“Makanya, dengan 9 emas itu kan, pantas sekali kami syukuri, meski ada beberapa ketidakpuasan. Saat ini kami sangat solid, berkat adanya kebersamaan tim, manajer, juga dengan stakeholder lain seperti KONI, NOC, Kemenpora dan lain-lain. Terdekat ada kompetisi Asian Indoor Martial Arts di Thailand pada November nanti dan kompetisi di Amerika,” jelas Indro. (kumparan/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles