24.8 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Kapolres Batu Bara Kembali Minta Fasilitas Agama Tidak Jadi Ajang Politik

Batu Bara, MISTAR.ID

Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes kembali meminta dukungan kepada semua pengurus Ormas Agama agar sepakat tidak menjadikan tempat ibadah menjadi fasilitas politik. Kedepannya Kapolres menegaskan akan melibatkan semua institusi termasuk KPU, Bawaslu dan semua Ketua Partai untuk menyepakatinya.

Permintaan tersebut disampaikan Kapolres dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Agama Terkait Pemilu Tahun 2024 di Polres Batu Bara, Rabu (12/7/23).

Hal senada disampaikan Kabag Ops Polres Kompol Imam Alriyuddin mewanti wanti pengurus Ormas Agama agar fasilitas agama tidak menjadi fasilitas politik. Kompol Imam Alriyuddin mengingatkan tahapan Pemilu sudah berjalan.

Baca juga: Empat Oknum Polres Batu Bara Dilaporkan Dugaan Pemerasan Bandar Narkoba

“Terkait dengan itu, kami imbau terkait kegiatan di tempat ibadah dimana tempat calon bertanding atau dijadikan tempat kampanye. Kami Polres Batu Bara berharap Pengurus Ormas Agama akan menjadi perpanjangan tangan untuk menghimbau agar tidak menjadi fasilitas politik. Kita semua mengharapkan kondusifitas di Kabupaten Batu Bara,” pintanya.

Menanggapi permintaan tersebut, Plh Kakan Kemenag Batu Bara Syahri menegaskan pihaknya menyetujui tempat ibadah tidak dipolitisasi.

“Adanya isu politik tahun ini mulai panas kami menginginkan itu tidak terjadi. Kami telah melayangkan surat edaran khususnya salah satunya berupa imbauan bukan saja mesjid atau gereja agar tidak dipergunakan dalam menyampaikan orasi politik,” tandasnya.

Baca juga: Video Seorang Pria Pamerkan ‘Sabu’ di Batu Bara Viral, Polisi Sigap Menangkap

Dikatakan Syahri, kalau ceramah mungkin terbatas tidak saling dukung mendukung. Kemenag akan mengimbau masyarakat dan internal sendiri untuk tidak ikut dukung mendukung secara terang terangan.

Ditempat yang sama, Ketua MUI Kabupaten Batu Bara HM. Hidayat menjelaskan, MUI menjaga dan memelihara khususnya umat muslim.

“Kami sangat mendukung dan tetap berkoordinasi kepada Polres Batu Bara setiap terjadi isu, gesekan dan berita panas melalui Kasat Intelkam. Saya mengharapkan Koordinasi ini tetap selalu berjalan,” bebernya.

Baca juga: Pemkab Batu Bara Serahkan Bantuan ke Lembaga Pelatihan Keterampilan Anak-anak Muda,

Disebutkan Hidayat, di desa isu yang kecil bisa menjadi isu yang memanas dan harus dijaga agar tidak semakin berkembang. MUI tingkat kecamatan diminta koordinasi dengan Polres Batu Bara untuk menjaga situasi yang aman menjelang Pemilu Tahun 2024. MUI tingkat kecamatan juga diminta meningkatkan koordinasi untuk mencegah gejolak yang ada. (Ebson/hm21).

Related Articles

Latest Articles