13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Asisten II Toba: F1H20 dan Aquabike Ganti Tuan Rumah

Toba, MISTAR.ID

Asisten II Pemkab Toba, Jonni Lubis menjelaskan, tidak pernah ada penyebutan dalam rapat zoom kemarin bahwa event Formula One Power Boat (F1H2O) dan Aquabike pindah.

Namun yang benar pergantian tuan rumah dari Kabupaten Toba menjadi Kabupaten Samosir.

Jadi jangan diasumsikan menjadi lain, dari mulai rapat zoom hingga akhir, saya tetap tak mendengarkan ada kata pindah. Tetapi akan dilakukan pergantian tuan rumah, agar yang lain merasakannya,” sebut Jonni, pada Kamis (28/3/24).

Baca juga:Pemkab Toba Kurang Profesional, Tuan Rumah F1H20 dan Aquabike Pindah ke Samosir

“Kendati demikian kepastiannya belum final. Pembahasan tersebut dalam rapat masih sebatas wacana dan bisa saja berubah akan tetap Toba menjadi tuan rumah, upaya akan kita lakukan,” sambungnya.

Ditambahkan Jonni, terkait penilaian dari kementerian dari beberapa aspek kesiapan Kabupaten Toba dalam mengembangkan event internasional yang berkelanjutan tidak dilakukan. Pasalnya, pihaknya sudah melakukan beberapa event seperti lari maraton dan lomba lainnya.

“Meskipun belum mendapatkan sponsor pendukung kegiatan, itu menjadi tugas kita akan melakukan lobi ke perusahaan-perusahaan untuk peningkatan event yang berkelanjutan di Kabupaten Toba dalam mendukung promosi pariwisata,” pungkasnya.

Baca juga: Delegasi Peserta F1 Powerboat Toba 2024 Tiba di Sumut

Terpisah, Patrick Lumbanraja selaku pegiat pariwisata menganggap, apabila pergantian tuan rumah F1H20 dan Aquabike benar terjadi, bisa dikatakan Kabupaten Toba sudah menorehkan citra buruk untuk penilaian di kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

“Masih teringat saat itu saya mengatakan kepada pak Bupati di bulan April 2022 di mana sangat dibutuhkan peran dari kabupaten dan harus kelihatan dalam menyelesaikan segala sesuatu seperti konflik yang terjadi di masyarakat dan sebagainya,” tukasnya.

“Bahkan saya dengar sendiri saat Direktur Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di bulan Desember 2022 memberikan teknik pengelolaan seperti, sponsor sehingga event-event lain berkelanjutan, selain F1H2O dan Aquabike setiap tahunnya. Tetapi kita lihat sendiri minimnya event yang ada di Toba,” kata Patrick menambahkan. (nimrot/hm16)

Related Articles

Latest Articles