13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Pemprov Sumut Tanggapi Pindahnya Tuan Rumah F1H2O dan Aquabike

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara menanggapi terkait wacana perpindahan tuan rumah F1 Power Boat (F1H2O) dan Aquabike Jetski dari Kabupaten Toba ke Kabupaten Samosir.

Melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Ilyas Suharto Sitorus mengatakan, wacana tersebut muncul dari pemerintahan pusat.

“Iya infonya begitu (pindah), ini kan kebijakan dari pemerintah pusat, jadi kita di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) hanya menyesuaikan saja,” ujarnya kepada mistar.id, Selasa (2/4/24) siang.

Baca juga:Kabupaten Samosir Lebih Siap Jadi Tuan Rumah F1H2O dan Aquabike Jetski

Ilyas juga mengatakan, wacana perpindahan tersebut tentu berdasarkan adanya evaluasi dari pemerintahan pusat.

“Bisa jadi pasti hal itu ada alasan tertentu dari pemerintah pusat yang dihasilkan dari evaluasi selama ini,” tambahnya.

Namun dirinya tidak menjelaskan lebih dalam terkait wacana perpindahan tuan rumah olahraga air internasional yang selama ini dilaksanakan di Kabupaten Toba.

Ilyas menyarankan agar mistar.id dapat berkomunikasi dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut, Zumri Sulthony. Namun saat dimintai keterangan melalui pesan WhatsApp (WA), hingga saat ini belum ada respon.

Baca juga:Ucapan Pemindahan Tuan Rumah F1H2O Jadikan Toba Tidak Kondusif

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Samosir tidak terkejut lagi mendengar kabar dan paparan zoom meeting dengan pihak Kementerian terkait beberapa waktu lalu.

Sebab, wacana perpindahan tuan rumah sudah diketahui saat pelaksanaan event F1H2O pada bulan Maret 2024 lalu di Balige, Kabupaten Samosir.

Seperti disampaikan Kadis Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho, pada Jumat (29/3/24), di mana 2 event skala internasional F1H2O dan Aquabike Jetski ke depannya tuan rumah adalah Kabupaten Samosir yang langsung disoundingkan kepada Bupati setempat, Vandiko Gultom saat itu. (iqbal/hm16)

Related Articles

Latest Articles