8.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Ragam Peringatan Hari Sumpah Pemuda Sejumlah Daerah di Sumut

Sumut, MISTAR.ID

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Labuhanbatu Dr H Faisal Arif Nasution, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Jalan MH Thamrin, Kecamatan Rantau Utara, Senin (28/10/24).

Membacakan pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Faisal mengatakan pada saat ini bangsa Indonesia tengah memperingati sebuah peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia yaitu peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928.

“Sebuah peristiwa dimana para pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu ditengah kenyataan keberagaman untuk menghadirkan negara Indonesia,” katanya.

Faisal mengatakan, momen ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek pembangunan maupun sebagai objek pembangunan.

Baca Juga : Pemkab Batu Bara Deklarasi Pilkada Damai di Momen Peringatan Sumpah Pemuda 

Langkat

Di tempat lain, peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Langkat dilaksanakan di Lapangan Alun-alun T Amir Hamzah, Jalan Proklamasi, Kecamatan Stabat. Pada upacara tersebut, Sekda Provsu Arif Sudarto Tri Nugroho bertindak sebagai inspektur upacara.

Membacakan amanat Menpora, Arif berharap momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, seluruh elemen bangsa melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan.

“Marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing,” ungkapnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles