17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pemkab Sergai Serahkan Bantuan Sarana Penangkap Ikan ke 12 KUB di 2 Kecamatan

Sergai, MISTAR.ID

Dinas Perikanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) menyerahkan serahkan bantuan sarana penangkap ikan kepada 12 Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kecamatan Pantai Cermin dan Bandar Khalifah.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Pantai Sei Mersing, Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (22/9/2023).

Kabid Perikanan Tangkap Deploma Sembiring mengungkapkan bahwa tujuan dari pemberian bantuan ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas nelayan kecil dalam mengelola sumberdaya kelautan.

Baca Juga: Pajak ABT di Sergai Mencapai 200 Persen dari Target yang Ditetapkan

Ada 10 KUB dari Kecamatan Pantai Cermin dan 2 KUB dari Kecamatan Bandar Khalifah yang menerima bantuan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023 itu.

Adapun ke-12 KUB yang menerima bantuan adalah, Sinar Fajar, Camar Laut, Pantai Murni, Mandiri, Tunas Baru, Samudra, Rumpun Nelayan, Usaha Karya, Serasi Jaya dan Sinar Maju di Kecamatan Pantai Cermin. Sedangkan dua lainnya di Kecamatan Bandar Khalifah yaitu Mutiara Laut dan Belanak Putih.

“Diharapkan dengan pemberian bantuan ini dapat mengembangkan usaha perikanan tangkap yang mandiri dan produktif melalui bantuan sarana perikanan,” kata Sembiring.

Baca Juga: 4 Rumah dan 2 Mobil Hancur Diseruduk Dump Truk di Sidiangkat Dairi

Sementara itu, Bupati Sergai H Darma Wijaya dalam arahannya yang dibacakan Kepala Dinas Perikanan Klaudia Evinta Siregar mengatakan bahwa wilayah Pantai Cermin memiliki beragam potensi mulai dari pertanian, perkebunan dan peternakan yang menjadi penggerak sektor ekonomi di kecamatan ini.

“Khususnya sektor pariwisata, kecamatan ini sudah dikenal sejak dahulu dengan objek misata baharinya, serta kuliner olahan hasil laut. Sebanyak 2.043 jiwa penduduknya adalah nelayan dengan produksi perikanan tangkap mencapai 5.958 ton tentunya hasil produksi ini bisa ditingkatkan lagi,” ungkapnya.

Ketua Komisi B DPRD Sergai Muhammad Rajali Prima selaku mitra Dinas Perikanan, saat menghadiri kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan Pemkab Sergai yang peduli dan terus berkontribusi kepada nelayan. (Boby/hm22)

Related Articles

Latest Articles