13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Ini Bursa Bacalon Bupati Dairi 2024-2029 Versi Warganet

Sidikalang, MISTAR.ID

Sejumlah nama yang disebut-sebut sebagai Bakal Calon (Bacalon) Bupati Dairi periode 2024-2029 beredar versi warganet melalui portal SurveyMonkey.

Survei tersebut kemudian disebar melalui akun Facebook, Whatsapp, dengan klaster 4 daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Puluhan nama-nama sosok Bacalon Bupati Dairi masuk dalam bursa. Namun dari survei ala medsos tersebut, nama Danjor Nababan berada di posisi teratas dengan perolehan 48,44 persen suara.

Sementara itu, calon petahana Eddy Kelleng Ate Berutu hanya mendapa t3,12 persen. Sedangkan Halim Lumbanbatu 6.08 persen, Jogi Tambunan 10,55 persen, Junimart Girsang 4,64 persen, Domian Simajuntak 7,63 persen, Johannes Lumban Tobing 3,12 persen.

Baca juga: Bea Cukai Diminta Gelar Razia, Rokok Tanpa Cukai Semakin Bebas Beredar di Dairi

Data tersebut diperoleh dari Host SurveyMonkey yang dikelola oknum paham informasi dan transaksi elektronik (ITE) Dapot Napitupulu, Minggu(24/3/24).

Dapot melalui portal menawarkan puluhan nama-nama Bacalon Bupati Dairi yang sudah tersebar di kalangan masyarakat dan diperkirakan akan masuk dalam pertarungan menuju pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 27 November 2024.

Diterangkan Dapot, survei online itu disebarkan di Facebook dengan 4 cluster sesuai jumlah Dapil di Dairi masing selama 48 jam.

Kemudian, impression atau jumlah survei tersebut ditampilkan pada timeline pengguna Facebook yang akan dilihat oleh para pengguna unik. Hasilnya, jumlah yang melihat ada sekitar 5.630, sedangkan ketertarikan mengklik link survei sebanyak 2.187 kali.

Survei itu juga disebar melalui WhatsApp perorangan maupun grup.

Dapot mengakui, hasil suvei tidak begitu akurat dan tidak terukur dalam mempresentasikan demografik.

“Hanya melihat respon masyarakat dalam mempresentasikan popularitas dan elektabilitas nama-nama bacalon berdasarkan demografis Kabupaten Dairi,” katanya.

Namun Dapot menilai, hasil survei dimaksud bisa digunakan untuk mengukur eksistensi tim seorang bacalon, dan sejauh mana sosialisasi telah dilakukan.

Baca juga: Pejabat Tinggi Dairi Disebut Mulai Resah dengan Isu Baru Mutasi dan Rotasi

Seorang bacalon juga dapat mengukur keseriusan tim masing-masing apabila link survei tersebut telah disebar di grup WhatsApp pemenangan.

“Para calon sebaiknya mengevaluasi tim dan melakukan perencanaan ulang apabila hasil [survey] tidak maksimal,” ujar Dapot.

Ia menambahkan, survei itu akan tetap berjalan dan berikutnya masih ada nama-nama bacalon masuk bursa di mata masyarakat Dairi yang tidak masuk daftar survei, di antaranya Hendron Sinaga, Sabam Sibarani, Rimso Maruli Sinaga, Albiner Sihombing, Freddy Sinaga dan masih banyak sosok yang menunjukkan dan memutuskan dan serius bertarung pada Pilkada 2024. (Manru/hm22)

Related Articles

Latest Articles