15.9 C
New York
Sunday, May 19, 2024

DPD Golkar Siantar Gelar Penjaringan Terbuka untuk Pilkada 2024

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar kota Pematangsiantar melakukan penjaringan terbuka untuk bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang berniat ikut serta pada kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

Ketua Tim Penjaringan DPD Partai Golkar Kota Pematangsiantar, Zainul Arifin Siregar, pendaftaran dibuka mulai hari ini, Selasa (9/4/24) hingga Selasa (23/4/24). “Dibuka selama 15 hari, mulai hari ini hingga Kamis tanggal 23 bulan ini juga,” ungkap Zainul.

Pendaftaran, lanjut Zainul, dilaksanakan di Kantor DPD Golkar Kota Pematangsiantar, Jalan Rakutta Sembiring, Komplek Siantar Waterpark, Kelurahan Naga Pita, Kecamatan Siantar Martoba.

Baca juga: Komposisi Kursi DPRD Siantar untuk Pilkada 2024 Berdasarkan Penetapan Hasil Pemilu

Zainul menambahkan, dasar pembentukan penjaringan ini sesuai dengan surat keputusan Musyawarah Nasional (Munas) ke-10 PG nomor : X/Munas-X/Golkar/2019 tanggal 5 Desember 2019 tentang Program Umum PG.

Kemudian, petunjuk pelaksanaan DPP PG nomor : Juklak-3/DPP/Golkar/II/2020 tanggal 7 Februari 2020 tentang Penetapan Pasangan Calon (Palson) Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota.

Setelah proses Penjaringan tersebut, paling lambat akan diserahkan ke DPD PG Sumatera Utara (Sumut) dua hari setelahnya, yakni Kamis (25/4/24).

“Saya tegaskan, bahwa proses penjaringan ini tanpa mahar, sesuai intruksi dan perintah Ketua Umum Airlangga Hartarto,” tegasnya.

Zainul menjelaskan, penjaringan menjadi bagian dari program partai dalam memberi peluang dan kesempatan kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk menjadi pemimpin.

Selain itu, penjaringan ini juga bertujuan mencari sosok pemimpin yang dinilai mumpuni untuk maju di Pilkada yang rencananya digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Baca juga: Pertemuan Prabowo dan Megawati Disebut-sebut Sudah Terjadwal

“Proses penjaringan dan hasil keputusannya diukur dari hasil survei yang dilakukan oleh DPP Partai Golkar dengan tiga tahapan. Survei tahap pertama dilakukan Maret- April 2024, tahap kedua April-Mei 2024 dan tahap ketiga pada Juni 2024,” bebernya.

Tim penjaringan dibentuk langsung oleh Ketua DPD PG kota Pematangsiantar, Mangatas Marulitua Silalahi, sesuai surat keputusan nomor Skep-51/GK-PS/IV/2024 tanggal 3 April 2024 tentang Pengarah dan Tim Penjaringan Kepala Daerah DPD PG kota Pematangsiantar tahun 2024.

Adapun struktur Tim Penjaringan yakni, Tim Pengarah terdiri dari Mangatas Marulitua Silalahi bersama Marli Suryatama.

Untuk Tim Penjaringan, Zainul sebagai Ketua, Ramli Sihotang sebagai Sekretatis dan anggotanya berjumlah 7 orang, Daud Simanjuntak, H Mukhtar Efendi Tarigan, Rospida Rangkuti, Bahadur, Fitri Wahyuni Pohan, Maringantua Hutapea dan Marudut Sidabutar. (Gideon/hm22)

Related Articles

Latest Articles