10.1 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

Kabupaten Batu Bara Miliki Potensi Besar di Bidang Perikanan dan Peternakan

Batu Bara, MISTAR.ID

Kabupaten Batu Bara dengan garis pantai sepanjang 62 km memiliki potensi besar dalam industri perikanan tangkap dan budidaya dan pengolahan.

Hal itu disampaikan Asisten 1 Setdakab Batu Bara, Rusian Heri, mewakili Pj Bupati Nizhamul, pada upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di lapangan sepakbola, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Rabu (17/4/24).

Baca juga: Pohon Mahoni Tumbang di Jalan Parapat Simarimbun

“Kabupaten Batu Bara memiliki potensi besar pada sektor kelautan dan perikanan karena memiliki panjang garis pantai 62 Km. Ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perikanan tangkap, perikanan budidaya serta pengolah hasil perikanan,” katanya.

Di sektor kelautan dan perikanan, Rusian Heri mengatakan pada tahun 2023 jumlah produksi perikanan tangkap mencapai 59.000 Ton, produksi perikanan budidaya 2.800 ton dan produksi pengolahan hasil perikanan 1.400 ton.

Selain itu, Kabupaten Batu Bara, juga memiliki potensi yang besar di sektor peternakan. Potensi tersebut diperoleh dari  jenis ternak ruminansia yang potensial yaitu sapi dan domba dengan jumlah populasi sebanyak 78.400 ekor.

Baca juga: Viral! Buaya Liar Ditemukan di Medan, Kepala Lingkungan Selidiki

“Karena itu, Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Perikanan dan Peternakan akan fokus dalam kegiatan penanggulangan inflasi daerah, penurunan angka stunting dan penurunan angka kemiskinan ekstrem guna menuju Batu Bara bangkit,” ungkapnya.

Di akhir pidatonya, Rusian Heri berpesan kepada seluruh ASN Pemkab Batu Bara agar terus berupaya secara maksimal dalam bekerja dan melakukan pelayanan kepada masyarakat.
(Ebson/hm22)

Related Articles

Latest Articles