20.5 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

KPU Siantar Distribusikan Logistik Serentak di H-2 Pemilu

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar menjadwalkan pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) dilakukan di H-2 atau Senin (12/2/24).

Hal tersebut merupakan hasil rapat koordinasi (rakor) persiapan distribusi logistik Pemilu tahun 2024 bersama Pemko Pematangsiantar, Bawaslu, Forkopimda, serta pemangku kepentingan, di aula Kantor KPU Kota Pematangsiantar, Jalan Porsea, Jumat (9/2/24).

Rakor dihadiri Wali Kota diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Ali Akbar, Kapolres, serta perwakilan Bawaslu, Frenki Dermanto Sinaga.

Baca juga:Pemilu 2024, KPU Siantar Kebut Teknis Penggunaan Sirekap

“Sesuai hasil rakor, distribusinya serentak dilakukan di H-2 atau hari Senin,” kata Ketua KPU Pematangsiantar, Isman.

Menurutnya, sebelum seluruh logistik disalurkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Setempat (PPS), terlebih dulu dilakukan pelepasan dari Kantor KPU Kota Pematangsiantar.

Hingga sampai saat ini, kata dia, logistik disimpan di 2 tempat, yakni di gudang Jalan Medan Km 4 Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba, dan gudang Jalan Parapat Kelurahan Tong Marimbun, Kecamatan Siantar Marimbun.

Dalam kesempatan tersebut, Ali Akbar menyampaikan berbagai harapan demi terciptanya Pemilu yang aman, damai, kondusif dan sukses.

Baca juga:Sorlip Surat Suara Pemilu 2024 Selesai, KPU Siantar Lanjutkan Pengepakan

“Untuk itu persiapan distribusi logistik Pemilu harus berjalan lancar dan aman agar bisa terlaksana dengan kondusif di lapangan,” sebutnya.

Ali Akbar juga menjelaskan, kesiapan Pemko Pematangsiantar untuk tempat logistik.

“Begitu pun kita hanya menunggu pendistribusiannya, dengan harapan penyaluran logistik Pemilu berjalan dengan lancar, serta bisa melaksanakan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tepat waktu,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa Wali Kota, Susanti Dewayani mengimbau masyarakat Kota Pematangsiantar agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2023.

Baca juga:KPU Siantar Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Kedua

“Jangan sampai kita tidak memilih atau golput. Jadi mari kita semuanya ikut memilih. Karena suara kita semua sangat berharga dan menentukan Indonesia ke depan,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Pematangsiantar, Hermanto Panjaitan memaparkan, logistik di setiap gudang telah ditentukan pendistribusiannya. Dari gudang di Jalan Medan Km 4 didistribusikan untuk Kecamatan Siantar Martoba, Siantar Sitalasari, Siantar Utara dan Siantar Barat. Sedangkan dari gudang di Jalan Parapat untuk Kecamatan Siantar Marimbun, Siantar Selatan, Siantar Marihat dan Siantar Timur.

“Rencananya tanggal 12 sampai 13 Februari 2024 pendistribusian logistik Pemilu. Keseluruhan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 796. TPS tersebar di 53 Kelurahan atau 8 Kecamatan,” beber Hermanto. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles