13.6 C
New York
Monday, October 14, 2024

Golkar Tetapkan Daud Simanjuntak Jabat Pimpinan DPRD Siantar Periode 2024-2029

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar mengeluarkan surat penetapan Daud Simanjuntak sebagai pimpinan DPRD Pematangsiantar periode 2024-2029.

Surat itu dikeluarkan 30 September 2024, serta diteken langsung Ketua Umum (Ketum) Bahlil Lahadalia dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Muhammad Sarmuji.

Kepada mistar.id, Daud menyebut surat penetapan itu disampaikan langsung Ketua DPD I Golkar Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah di Kota Medan. “Ini sebagai amanah dan akan dipertanggungjawabkan 5 tahun ke depan,” kata Daud, pada Senin (14/10/24).

Baca juga:Pimpinan DPRD Siantar Harus Kembalikan Mobil dan Rumah Dinas Paling Lambat 2 Oktober

DPRD Pematangsiantar, kata Daud, akan mengirimkan surat pengusulan pimpinan definitif kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumut sebelum dilakukan rapat paripurna. “Pengusulan dapat diproses tanpa menunggu semua partai politik (parpol) yang memiliki hak kursi pimpinan,” ucap Daud.

Pada periode 2024-2029, Golkar bakal bergabung dengan Perindo membentuk fraksi dengan nama Golkar Indonesia. Jabatan Ketua, lanjut Daud diisi Rini Silalahi dan Sekretaris dipercayakan kepada Alex Damanik dari Perindo.

Daud baru-baru ini juga dipercaya menahkodai Organisasi Masyarakat (Ormas) Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Kota Pematangsiantar.

Baca juga:NasDem Sodorkan 3 Anggota Terpilih Kandidat Wakil Ketua DPRD Siantar 2024-2029

Berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lalu, PDI Perjuangan meraih kursi terbanyak dengan perolehan 7 kursi dan otomatis mendapat jatah Ketua DPRD Pematangsiantar, disusul Golkar dengan 5 kursi dan NasDem 4 kursi.

Sejak dilantik pada 2 September 2024 lalu, jabatan ketua sementara dipegang Timbul Marganda Lingga dan Wakil Ketua Daud Simanjuntak. Mereka bertanggung jawab memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib dan memproses penetapan pimpinan definitif. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles