23.8 C
New York
Sunday, June 30, 2024

5 Kecamatan di Simalungun Belum Selesai Rekapitulasi, Pengembalian Logistik Tanpa Kendala

Simalungun, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun mengatakan, hingga Minggu (25/2/24), sebanyak 5 dari 32 kecamatan yang ada belum menyelesaikan rekapitulasi suara hasil Pemilu 2024.

“Ada 20 lebih kecamatan yang sudah selesai itu. Kecamatan yang belum, Siantar, Bandar, Tanah Jawa, Dolok Panribuan, Tapian Dolok. Sudah hampir selesai lah ini hari,” kata Ketua KPU Simalungun Septian Johan Pradana, ketika dikonfirmasi, Minggu (25/2/24).

Baca juga: Penghasilan Anggota DPRD Simalungun Capai Rp46 Juta per Bulan

Ia menjelaskan, kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi suara disebabkan adanya beberapa nagori yang memiliki Tempat Pencoblosan Suara (TPS) yang banyak seperti Nagori Marubun Jawa, Kecamatan Tanah Jawa.

Johan membeberkan bahwa beberapa perhitungan ulang di tingkat kecamatan dari KPPS dilakukan karena adanya kesalahan penulisan dari pihak KPPS.

“Hitung ulang supaya hasil clear (bersih) disaksikan para saksi partai politik dan juga pengawas. Untuk petugas KPPS di SK mereka hanya satu bulan,” ujar Septian Johan Pradana kembali.

Selama masa penghitungan ulang di tingkat kecamatan, petugas KPPS yang dilibatkan pun tidak mendapatkan tambahan penghasilan. Mengingat masa kerja KPPS selama satu bulan lamanya.

Baca juga: KPU Simalungun Selesaikan Distribusi Logistik Pemilu 2024 Hari Ini

Terkait rekapitulasi di tingkat Kabupaten, Johan mengatakan, rencanya itu di tanggal 29 Februari 2024. Hal ini pun dikatakannya masih sebatas rencana saja.

“Itu nanti diplenokan. Melihat mitigasi bagaimana nantinya, untuk pengembalian logistik aman. Karena pengawas dari kecamatan dan polisi mengawal itu sampai ke gudang KPU,” pungkasnya. (Hamzah/hm22)

Related Articles

Latest Articles