21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Mulai Besok, Pemerintah Hentikan Penyaluran Bantuan Pangan Beras

Jakarta, MISTAR.ID

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menghentikan sementara penyaluran bantuan pangan beras mulai tanggal 8 sampai 14 Februari 2024.

Arif mengatakan bantuan dihentikan untuk menghormati berbagai tahapan Pemilu dan mendukung kelancaran pesta demokrasi tersebut. Ia mengatakan penghentian bantuan pangan selama satu minggu sekaligus menegaskan bahwa tidak ada politisasi dalam bantuan pangan.

“Bantuan pangan pemerintah dihentikan sementara karena memang tidak ada politisasi bantuan pangan. Dihentikan sementara untuk menghormati Pemilu dan pemutakhiran data,” kata Arief pada Rabu (7/2/24).

Baca juga: Tahun ini, Pemerintah Tambah 10 Juta Bantuan Pangan KPM

Arif mengaku Bapanas sudah melayangkan surat perintah kepada Perum Bulog. Setelah pencoblosan, bantuan pangan pemerintah yang sangat diperlukan masyarakat bakal kembali disalurkan pada 15 Februari 2024.

“Program ini sudah terencana sudah lama dan tidak terkait Pemilu,” katanya dengan menegaskan bahwa penyaluran bantuan pangan beras oleh Bapanas sesuai dengan amanat UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Perpres 66 Tahun 2021.

“Salah satu tugas Badan Pangan Nasional adalah untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas pangan,” ujarnya. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles