12.3 C
New York
Friday, April 19, 2024

Lagi! Jokowi Tunjuk Mantan Ajudanya Jabat KSAU, Berikut Perjalanan Kariernya

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo kembali menunjuk mantan ajudannya, yaitu Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) untuk menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Nasibnya sama dengan Kapolri Listyo.

Penunjukan Marsdya Tonny sebagai KSAU, kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024 yang ditandatangani 25 Maret 2024.

“Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru,” kata Ari dalam pesan singkat di Jakarta, Selasa (2/4/24).

Baca juga: Tonny Harjono Diangkat jadi KSAU

Penggantian KSAU ini seiring dengan masa memasuki pensiun Marsekal Fadjar Prasetyo pada 9 April 2024 mendatang.

Marsekal Fadjar menjabat sebagai KSAU setelah dilantik oleh Presiden di Istana Negara 20 Mei 2020 lalu.

Saat itu Fadjar dilantik menjadi KSAU bersama dengan Laksamana TNI Yudo Margono yang dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL).

Perlu diketahui, Tonny merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1993. Pria kelahiran 4 Oktober 1971 tersebut pernah menjabat sejumlah posisi penting dalam perjalanan karirnya.

Ketika berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) pada 2012, Tonny dipercaya menjabat sebagai Komandan Lanud (Danlanud) Timika, kemudian menjadi Kadisops Lanud Sultan Hasanuddin serta Dan Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin.

Baca juga: Laksamana Muhammad Ali Resmi Jabat KSAL

Pada Oktober 2014, dengan pangkat Kolonel, Tonny diangkat menjadi ajudan Presiden Jokowi.

Berselang dua tahun, yaitu pada 2016, ia mengemban jabatan Danlanud Adi Soemarmo. Pada saat pecah bintang yaitu pangkat Marsekal Pertama di tahun 2018, Tonny menjabat Danlanud Halim Perdanakusuma.

Padahn tahun 2020, Tonny kemudian menjabat sebagai Staf Khusus KSAU dan Sekretaris Militer Presiden. Promosikan kembali diperolehnya pada tahun 2022 dengan menjadi Komandan Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau).

Tidak lama berselang, Tonny ditunjuk menjadi Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas).

Baca juga: Dilantik Jadi Kapolri, Pangkat Listyo Sigit Kini Jenderal

Jabatan terakhirnya sebelum ditunjuk menjadi KSAU adalah Pangkogabwilhan II. Jabatan tersebut diemban sejak Desember 2023.

Kapolri Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Ia lahir di Ambon, Maluku, pada 5 Mei 1969. Listyo dikenal dekat dengan Presiden Jokowi karena pernah menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011, saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Kedekatan Listyo dan Jokowi berlanjut ketika Jokowi menjadi Presiden. Pada 2014, Listyo pun menjadi ajudan Jokowi. Setelah tidak menjadi ajudan Jokowi, Listyo menduduki sejumlah jabatan di kepolisian, yakni Kapolda Banten pada 2016-2018 dan Kadiv Propam Polri pada 2018-2019, sebelum diangkat menjadi Kabareskrim. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles