13 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Antisipasi Penyakit Musiman, DPRD Medan Imbau Masyarakat Peduli Lingkungan Sekitar

Medan, MISTAR.ID

Memasuki musim hujan, DBD hingga malaria rentan terjadi. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya agar terhindar dari penyakit musiman tersebut.

“Pastinya kita imbau masyarakat menerapkan pola hidup bersih. Lebih peduli lagi, jangan membuang sampah sembarangan, terutama ke saluran parit,” imbau Sekretaris Komisi II DPRD Medan, Wong Chun Sen saat diwawancarai Mistar, Jumat (6/9/24).

Dijelaskan Wong, adapun penyakit DBD hingga malaria terjadi lantaran terkadang di sekitar tempat tinggal masyarakat terdapat genangan air yang dibiarkan begitu saja.

“Genangan air ini akan menjadi sarang nyamuk. makanya harus dibersihkan. Kenapa saya bilang jangan buang sampah ke aliran parit, karena di parit itu sering terjadi. Terjadi penumpukan sampah sehingga air tidak mengalir dan seketika menjadi penyebab penyakit,” jelasnya.

Baca juga: DPRD Medan Minta Pemko Tak Tunda Penyelesaian Pengerjaan Drainase

Seiring dengan masyarakat menerapkan pola hidup bersih, Wong juga meminta Pemko Medan melalui OPD terkait dan jajarannya agar aktif memantau kondisi masyarakat.

“Kepala lingkungan (kepling) selaku ujung tombak harus paham wilayahnya. Jika memang banyak genang air segera koordinasikan ke kelurahan atau kecamatan untuk segera ditindaklanjuti. Dinas Kesehatan juga turun langsung ke masyarakat untuk memberi penyuluhan,” katanya.

Memasuki musim hujan ini, Wong juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar lebih berhati-hati.

“Intensitas hujan tidak bisa kita tebak, makanya harus berhati-hati. Kita khawatirkan terjadi longsor,” pungkas politisi PDIP ini. (rahmad/hm25)

Related Articles

Latest Articles