13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

4 Tahun Vakum, Gereja Katedral Medan Kembali Gelar Prosesi Tablo Jalan Salib

Medan, MISTAR.ID

Gereja Katedral Medan kembali menggelar prosesi Tablo Jalan Salib saat Jumat Agung setelah 4 tahun vakum karena pandemi.

Prosesi tersebut dilangsungkan di halaman gereja di Jalan Pemuda, Kecamatan Medan Kota mulai pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB, Jumat (29/3/24).

Anggota Dewan Pastoral Paroki, Christofher Tarigan membenarkan prosesi Tablo Jalan Salib baru kembali digelar tahun ini setelah lama vakum.

“Proses ini sempat tertahan 4 tahun, terakhir 2019. Terus karena ada pandemi jadi vakum. Tahun ini kami terinspirasi untuk melaksanakannya kembali,” ujar Christofher kepada mistar.id seusai prosesi.

Baca juga: Jemaat Natal di Gereja Medan Dibatasi 30 Persen

Christofher mengatakan prosesi Tablo sudah dipersiapkan jauh sebelum Jumat Agung dengan berbagai rangkaian latihan.

“Prosesi Tablo Jalan Salib hari ini diperankan oleh orang muda Katolik Paroki Gereja Katedral Medan, tentu dengan persiapan yang cukup matang. Selama 3 bulan persiapannya. Latihan siang dan malam,” ungkapnya.

Prosesi Tablo Jalan Salib di Gereja Katedral Medan-2
Prosesi Tablo Jalan Salib di Gereja Katedral Medan. (f:iqbal/mistar)

“Dan hari ini mereka membuktikan bahwa membawa kita semua hanyut dalam suasana jalan salib mengenang kisah sengsara wafatnya Yesus Kristus,” tambah Christofher.

Dirinya juga menjelaskan makna dari Tablo Jalan Salib. Prosesi tersebut dikatakannya merupakan momen mengenang perjalanan Yesus Kristus bersama para murid-muridnya.

Baca juga: Rayakan Natal 2023, Ini Jadwal Misa Gereja Katedral Medan

“Prosesi Tablo ini dimulai dari kisah perjalanan Yesus dan para murid-muridnya yang mengadakan perjamuan malam terakhir. Kemudian pengadilan pilatus, menjatuhkan hukuman mati, proses jalan salib di 14 perhentian hingga sampai di Bukit Golgota,” pungkasnya. (Iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles