13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Mudik Lebaran 2024, KAI Divre I Sumut Ingatkan Kembali Aturan Bagasi Penumpang

Medan, MISTAR.ID

Memasuki H-2 Lebaran Idul Fitri 1445H, PT KAI Divre I Sumut mengingatkan kembali kepada calon penumpang KA terkait aturan barang bawaan atau bagasi, Senin (8/4/24).

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin menyampaikan bahwa penumpang diperbolehkan membawa bagasi tanpa dikenakan bea dengan berat maksimum 20 kg dan dimensi maksimal (70 x 48 x 60 cm) serta sebanyak-banyaknya terdiri atas 4 koli (item bagasi).

”Jika saat boarding di stasiun, penumpang kedapatan membawa barang bawaan atau bagasi yang melebihi berat maksimum dikenakan bea sebesar Rp 10.000/kg untuk kelas eksekutif, Rp 6.000/kg untuk kelas bisnis dan Rp 2.000/kg sedangkan untuk kelas ekonomi dan apabila melebih dimensi maksimal (70 x 48 x 60 cm) akan disarankan untuk mengangkut barangnya dengan menggunakan jasa ekspedisi kereta api seperti KAI Logistik,” kata Anwar.

Baca juga:PT KAI Divre I Sumut Tes Narkoba Terhadap ASP

Selain itu ada juga barang-barang yang tidak boleh dibawa di bagasi meliputi binatang, narkotika psikotropika dan zat adiktif (NAPZA), senjata api, senjata tajam, benda yang mudah terbakar atau meledak, benda yang berbau busuk/menyengat atau benda yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya serta barang yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan dan juga barang lainnya yang menurut pertimbangan petugas boarding di stasiun tidak pantas diangkut sebagai bagasi karena keadaan dan besarnya.

”Dengan adanya sosialisasi dan pemberitahuan ini, kami berharap kepada seluruh calon penumpang agar dapat mematuhi aturan bagasi saat menggunakan jasa angkutan kereta api, sehingga tercipta perjalanan mudik Lebaran yang ceria dan penuh makna,” pungkas Anwar.

Sementara itu, sampai siang ini penjualan tiket Angkutan Lebaran 2024 di wilayah PT KAI Divre I Sumut telah terjual sebanyak 113.747 seat atau baru terjual 52%. Jumlah tersebut masih akan bertambah mengingat pemesan tiket masih terus berlangsung secara online. (dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles