9.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

PT KAI Divre I Sumut Tes Narkoba Terhadap ASP

Medan, MISTAR.ID

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang saat perjalanan pulang ke kampung halaman, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatra Utara (Sumut) menggelar tes narkoba secara acak kepada beberapa petugas awak sarana perkeretaapian (ASP), Senin (8/4/24).

Manager Humas PT KAI Divre I SU, Anwar Solikhin mengatakan khusus di Stasiun Medan pemeriksaan dilakukan di Ruang VIP Stasiun Medan yang diikuti 15 pekerja yang terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Kondektur, Teknisi KA, Polsuska dan pekerja bagian operasional lainnya.

Tes narkoba ini juga dilakukan di beberapa stasiun wilayah Divre I Sumut, seperti di Stasiun Belawan, Tebing Tinggi, Siantar, Kisaran dan Rantauprapat.

“Dengan tes narkoba ini, KAI akan memastikan petugas ASP yang berdinas benar-benar dalam kondisi sehat dan tidak terpengaruh terhadap penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang sehingga dapat melayani penumpang dengan prima,” kata Anwar.

Baca juga: KAI Divre I Sumut Buka Posko Angkutan Lebaran Mulai 5-16 April 2024

Tes narkoba dilakukan di luar pemeriksaan rutin terhadap petugas ASP saat akan melaksanakan dinas.  Sementara itu, apabila ada petugas yang dinyatakan positif, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan akan digantikan dengan petugas lainnya.

Pada tes ini memiliki enam parameter yang digunakan pada alat tes urine untuk mengetahui kandungan Amphetamine (AMP), Morphine/Opiate (MOP), Mariyuana (THC), Cocaine (COC), Methamphetamine (MET) dan Benzoidazepine (BZD).

Hasilnya, seluruh tes petugas ASP dinyatakan negative.

“Kami tetap berkomitmen akan terus menjaga para petugas ASP kami dalam kondisi sehat dan prima, sehingga pelayanan angkutan Lebaran 2024 berjalan selamat, aman, lancar dan terkendali,” ungkap Anwar. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles