18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

1 Juli Parkir Berlangganan di Kota Medan Diterapkan, ini 5 Manfaatnya

Medan, MISTAR.ID

Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memastikan akan menerapkan kebijakan parkir tepi jalan berlangganan di seluruh ruas jalan di Kota Medan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Dr Iswar Lubis mengatakan, penerapan parkir berlangganan akan memberikan banyak manfaat ataupun keuntungan kepada semua pihak.

“Tujuan diterapkannya program parkir berlangganan adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan di bidang perparkiran kepada masyarakat. Program ini juga bentuk kepedulian Pemko Medan yang ingin meningkatkan kesejahteraan para jukir di Kota Medan,” ucap Iswar kepada Mistar, Sabtu (22/6/24).

Baca juga: Seluruh Kendaraan Wajib Gunakan Stiker Parkir Berlangganan Tanpa Terkecuali

Dijelaskannya, setidaknya ada lima manfaat atau keuntungan utama diterapkannya program parkir berlangganan di Kota Medan. Pertama, penerapan parkir berlangganan dipastikan akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir.

“PAD akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan. Bila pembangunan terlaksana dengan cepat, maka tentu masyarakat yang akan diuntungkan,” jelasnya.

Kedua, parkir berlangganan dipastikan akan efektif dalam proses pemungutan retribusi parkir dan menghapus kebocoran PAD. Mengingat selama ini, sistem pemungutan retribusi parkir konvensional kerap kali disalahgunakan sehingga menimbulkan terjadinya kebocoran PAD.

Baca juga: Ombudsman Minta Pemko Medan Kaji Ulang Kebijakan Parkir Berlangganan

“Manfaat yang ketiga, parkir berlangganan akan sangat menguntungkan masyarakat pengguna jasa parkir secara biaya. Sebab untuk bisa parkir gratis selama satu tahun di setiap ruas jalan di Kota Medan, kendaraan roda dua cukup hanya membayar Rp90.000, kendaraan roda empat hanya membayar Rp130.000, dan kendaraan jenis truk/bus cukup hanya membayar Rp170.000,” katanya.

Keempat, parkir berlangganan dipastikan akan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Pasalnya, sistem parkir berlangganan juga akan menyiapkan para jukir yang akan bekerja berdasarkan SOP yang telah ditetapkan.

“Yang terakhir, parkir berlangganan juga akan memperkecil munculnya jukir-jukir liar yang selama ini sangat meresahkan masyarakat,” pungkasnya. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles