33.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Jepang Dilanda Panas Ekstrem Tembus Hingga 40 Derajat Celsius

Jakarta, MISTAR.ID

Sejumlah wilayah di Jepang dilanda panas ekstrem. Suhu panas tersebut mencapai 40 derajat Celsius.

Badan Meteorologi Jepang melaporkan suhu tinggi tercatat di sebagian besar wilayah barat dan timur Negeri Sakura pada Senin (8/7/24).

Pada Senin, Kota Shingu, Prefektur Wakayama, mencatat suhu 39,6 derajat Celsius. Sementara Kota Fuchu di Tokyo mencatat 39,2 derajat Celsius.

Baca juga:Ribuan Jemaah Haji Meninggal Dunia Akibat Cuaca Panas

Panas ekstrem itu juga terjadi di Kota Kuwana, Prefektur Mie, dengan suhu 38,9 derajat Celsius.

Beberapa wilayah lain juga mencatat suhu nyaris 40 derajat seperti Kota Saitama dengan 38,6 derajat Celsius, Kota Shizuoka dengan 37,4 derajat Celsius, Kota Kyoto dengan 36,7 derajat Celsius, Kota Oita dengan 36,6 derajat Celsius, dan Tokyo dengan 36 derajat Celsius.

Sementara itu dikutip Kyodo News, sehari sebelumnya, pada Minggu (7/7/24), Kota Shizuoka bahkan mencatat suhu 40 derajat Celsius pada siang hari.

Dilansir dari NHK, suhu panas ekstrem ini diperkirakan terus berlanjut hingga Selasa (9/7/24), dengan Kota Saitama dan Owase diprediksi dihantam suhu 37 derajat Celsius.

Tokyo dan Shizuoka sementara itu diprediksi mencatat suhu 36 derajat Celsius pada Selasa, diikuti Kota Kagoshima dengan 35 derajat Celsius.

Kementerian Lingkungan Hidup sejauh ini telah mengeluarkan peringatan panas di 11 prefektur mulai dari wilayah Kanto hingga Okinawa.

Baca juga:Panas Maksimum di Indonesia Sepekan ke Depan Capai 36 Celcius

Prefektur yang berada dalam peringatan di antaranya Ibaraki, Chiba, Shizuoka, Aichi, Mie, Wakayama, Tokushima, Kumamoto, Miyazaki, Kagoshima, dan Okinawa terkecuali wilayah Miyakojima.

Pemerintah Jepang mengingatkan masyarakat untuk sebisa mungkin menghindari bepergian ke luar rumah, menggunakan pendingin ruangan sebagaimana mestinya, sering minum air mineral, dan mengonsumsi garam guna tetap terhidrasi.

Masyarakat juga diimbau memberikan perhatian khusus kepada orang lanjut usia dan anak-anak yang rentan terhadap sengatan suhu panas ini. (antara/hm06)

Related Articles

Latest Articles