32.5 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Warga Barcelona Usir Wisatawan dengan Semprotan Air

Barcelona, MISTAR.ID

Gara-gara wisatawan terjadi kenaikan untuk sewa rumah dan apartemen di Barcelona. Lebih dari 12 juta orang mengunjungi Barcelona pada 2023. Spanyol adalah negara kedua yang paling banyak dikunjungi di Eropa, setelah Prancis,

Memprotes kenaikan harga sewa tersebut, warga lokal Barcelona melakukan aksi unjuk rasa dengan mengusir wisatawan menggunakan semprotan air.

Diberitakan NBCrightnow bahwa aksi demonstrasi ini digelar pada Minggu (7/7/24) sebanyak 2.800 orang berjejer di sepanjang distrik tepi laut Barcelona dengan membawa spanduk ‘Cukup! Mari kita batasi pariwisata’.

Baca juga: Ferran Torres Pastikan Tak Tinggalkan Barcelona

Jordi Guiu, salah satu pendemo, yang juga sosiolog berusia 70 tahun menyebut unjuk rasa itu bukan bagian untuk menunjukkan kebencian mereka kepada pariwisata.

“Saya tidak menentang pariwisata, namun di sini, di Barcelona, kami menderita karena banyaknya pariwisata yang membuat kota kami tidak dapat dihuni,” kata Guiu yang dilansir Mistar, Selasa (9/7/24).

Menurutnya lonjakan turis mengakibatkan  kenaikan harga sewa perumahan dan apartemen yang tidak masuk akal. “Ini meresahkan kami,” tambahnya.

Adapun peningkatan harga perumahan sebesar hampir 70 persen dalam satu dekade terakhir. Dimana harga sewa ini menjadi yang tertinggi di antara kota-kota di Spanyol. Saat ini 10.000 rumah yang terdaftar sebagai rumah sewa untuk turis di Barcelona. (dtc/hm25)

Related Articles

Latest Articles