26.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Lewat Usaha Kebab, Alumni UMSU Berhasil Buka Puluhan Lowongan Kerja

Medan, MISTAR.ID

Aulia Fortuna (24) berhasil mempekerjakan 25 orang dengan usaha kebab yang dia rintis selama 3 tahun terakhir. Alumni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) itu terinspirasi ketika sedang membeli kebab dengan harga Rp5.000, saat dia berkunjung ke Pekanbaru.

“Awalnya saya diajak saudara saya membeli kebab. Waktu saya sampai di salah satu kedai kebab, saya pun terkejut melihat harganya sangat murah. Harganya dimulai dari Rp5.000,” ujarnya, Kamis (6/6/24) sore.

Sekembalinya dari Pekanbaru, Aulia langsung mengajak temannya untuk membuka ‘Kebab Goceng’, meski dirinya sama sekali tidak memiliki latar belakang yang berkaitan dengan usaha, apalagi memasak.

“Waktu pertama kali dibuka, langsung ramai pembeli. Kami pertama kali berjualan di MMTC, Jalan Willem Iskandar. Modal awal kami sekitar Rp10 juta,” jelasnya.

Baca Juga : Buka Usaha dengan Modal Minim di Era Digitalisasi

Masih di tahun pertama, seiring meningkatnya permintaan, Aulia pun membuka cabang bersama temannya tersebut. Satu outlet baru mereka buka di Jalan Laut Dendang, Percut Sei Tuan.

“Total saat ini kami sudah memiliki 12 cabang yang tersebar di Medan. Delapan diantaranya cabang, dan 4 merupakan franchise,” ungkapnya.

Untuk menjadi mitra, Aulia mengatakan cukup dengan Rp10 juta, dengan pembagian hasil, 60 persen untuk pihak manajemen dan 40 persen untuk pihak mitra dari pendapatan bersih selama sebulan. “Penjualan sehari di satu cabang sekitar Rp200.000 sampai Rp500.000, bahkan pernah di angka Rp1 juta,” ungkapnya.

Usaha ‘Kebab Goceng’ Aulia dibuka setiap hari sekitar pukul 16.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Dia juga mewajibkan para pekerjanya untuk sholat ashar, magrib dan isya. Aulia menambahkan, langkah selanjutnya ia masih fokus untuk memperbanyak cabang, belum ada niatnya untuk membuka usaha kuliner baru.

“Saya pernah mendengar salah satu kutipan pebisnis sukses. Ia mengatakan Invesatasi terbaik itu, investasi pada bisnismu sendiri,” tuturnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles