31.8 C
New York
Monday, June 24, 2024

Investasi Subway Bali Urban Rail Diperkirakan Rp325,7 Triliun

Jakarta, MISTAR.ID

Total investasi kereta bawah tanah atau subway Bali Urban Rail & Associated Development mencapai US$20 miliar atau setara dengan Rp325,7 triliun. JPT Sarana Bali Dwipa Jaya (SBDJ) menyebut, angka tersebut diperoleh dari proposal yang sudah diajukan bersamaan dengan penyerahan dokumen request for qualification (RFQ) hingga 6 Juni 2024.

“Investasi riilnya belum tahu, tetapi dari verbal commitment salah satu investor, nilainya mencapai US$20 miliar,” ujar Direktur Utama SBDJ, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara, Kamis (6/6/24).

Selain untuk pembangunan transportasi massal, perkiraan investasi itu termasuk dengan pengembangan kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD) di sepanjang rute yang dilalui.

“Sudah ada tiga konsorsium investor yang menyatakan minat dan mengirimkan dokumen RFQ hingga 6 Juni 2024, antara lain konsorsium asal Indonesia, yakni PT Bumi Indah Prima bersama dengan perusahaan China, RATP Group asal Prancis, hingga Siemens Group dari Jerman,” bebernya.

Baca Juga : Tiga Investor Siap Bangun Subway Bali Urban Rail

Bali Urban Rail bakal dibangun dengan opsi bawah tanah (underground), karena ada tiga alasan utama tidak bisa dibangun secara melayang (elevated). Pertama, ada ketentuan adat Bali bahwa bangunan tidak boleh melebihi 15 meter, karena ada banyak bangunan suci seperti pura. Kedua, harga tanah di Bali sangat mahal, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pembebasan lahan proyek.

Ketiga, Bali merupakan industri wisata, sehingga akan mengganggu apabila ada penutupan jalan imbas pengerjaan proyek. Adapun, pembangunan Bali Urban Rail ini memiliki payung hukum berupa Peraturan Gubernur (Pergub) No. 9/2024 tentang penugasan PT Jamkrida Bali Mandara dan SBDJ sebagai pelaksana dan penanggung jawab proyek. (bc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles