27.1 C
New York
Tuesday, July 23, 2024

Tingkatkan Disiplin Siswa, Guru SMAN 1 Simpang Empat Karo Lakukan Hal Ini

Karo, MISTAR.ID

Kedisiplinan siswa sangat penting untuk kemajuan sekolah itu sendiri. Sekolah yang tertib akan menciptakan proses pembelajaran yang baik. Namun sebaliknya, di sekolah yang kurang tertib kondisinya akan jauh berbeda dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif.

Seperti yang dilaksanakan siswa-siswi SMAN 1 Simpang Empat, Kabupaten Karo yang setiap harinya masuk tepat waktu, bahkan terlihat siswa-siswi yang hendak masuk ke lingkungan sekolah harus menyalami para guru.

Kepala SMAN 1 Simpang Empat ketika dikonfirmasi wartawan melalui salah seorang guru Royani br Tarigan, Kamis  (26/1/23) mengatakan, meningkatkan kedisiplinan terhadap siswa sangat penting dilakukan oleh sekolah, karena sekolah merupakan tempat generasi penerus bangsa.

Baca Juga:Pemkab Simalungun Miliki 73 Guru Penggerak

Salah satu faktor yang membantu para siswa meraih sukses di masa depan yaitu dengan kedisiplinan.

Royani menambahkan, para siswa dalam melakukan kegiatan belajar di sekolah tidak terlepas dari berbagi peraturan dan tata tertib yang telah diberlakukan di sekolah, dan setiap siswa harus berperilaku sesuai tata tertib yang telah ada di sekolah.

Disiplin merupakan suatu kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan dan ketertiban. Dengan adanya kedisiplinan di sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman dan tenteram di dalam kelas.

Baca Juga:Hari Guru di Sumut, Mendikbudristek: Bukan Hanya Guru yang Didorong Berubah, Tapi Kita Juga Harus…

Siswa yang disiplin yaitu siswa yang biasanya hadir tepat waktu, taat terhadap semua peraturan yang diterapkan di sekolah serta berperilaku sesuai norma-norma yang berlaku.

“Mengenai disiplin siswa, tidak bisa terlepas dari persoalan perilaku negatif pada siswa tersebut, yang pada saat ini semakin memprihatinkan. Banyak tindakan negatif yang dilakukan para siswa di sekolah dari bolos, tawuran atau berkelahi, mencuri, merokok dan pelanggaran-pelanggaran yang membahayakan diri sendiri dan orang lain,” ucapnya. (eva/hm14)

Related Articles

Latest Articles