12.9 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

Lepas KKL Mahasiswa STAI Tebing Tinggi Deli, Ini Harapan Bupati Sergai

Sergai, MISTAR.ID

Mengawali tahun kerja 2023, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tetap optimis dalam pencapaian kinerja membangun daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Sergai Darma Wijaya setelah menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau kesepatakan bersama sekaligus dengan 2 instansi yang berbeda, yaitu PT Bank Mandiri (Persero) dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebing Tinggi Deli, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (25/1/23).

Bupati menegaskan, di usia yang ke-19 tahun yang baru saja dirayakan, Pemkab Sergai berkomitmen membangun bersama-sama Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Baca Juga:Bupati Sergai Darma Wijaya Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

“Kita ketahui bersama keterbatasan anggaran menjadi tantangan yang harus diatasi dalam penyusunan program pembangunan untuk lebih adil dan merata. Solusi kreatif, komunikatif dan inovatif menjadi keharusan untuk mengubah tantangan menjadi peluang. Kerja sama daerah menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius,” kata Bupati.

Ia menuturkan, pada 18 Januari lalu, Presiden Joko Widodo telah mengumpulkan seluruh kepala daerah di Jakarta. Pada kesempatan tersebut, Bupati menyebut jika presiden mengingatkan momok terbesar dan ancaman bagi seluruh dunia adalah inflasi. Untuk mengantisipasi inflasi, presiden mengatakan salah satu tindakan konkret yang dapat dilakukan adalah melakukan kerja sama daerah.

Oleh karenanya, sebut Darma, dirinya selaku Bupati Sergai berharap agar MoU ini dapat dimanfaatkan sebagai penghubung antara perangkat daerah dengan PT Bank Mandiri (Persero) dan STAI Tebing Tinggi Deli.

Baca Juga:Bupati Sergai Kucurkan Beasiswa Bagi 270 Mahasiswa

Ia menerangkan, MoU dengan PT Bank Mandiri (Persero) sudah ditindaklanjuti dengan melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan beberapa perangkat daerah dalam hal pelayanan jasa perbankan.

Hal yang sama, sebutnya, juga diharapkan dilakukan oleh OPD yang ada dengan STAI Tebing Tinggi Deli yaitu dengan memanfaatkan lembaga-lembaga yang ada di perguruan tinggi tersebut dalam rangka penelitian, pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat Sergai.

Pada momen yang sama, Bupati Darma juga menyebut STAI Tebing Tinggi Deli telah mempercayakan kepada pihaknya untuk melepas mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan di Sergai.

Baca Juga:Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Bupati Sergai Tanamkan Nilai Kebangsaan ke Warga

“Bedasarkan info yang saya terima, hampir 45% mahasiswa STAI ini adalah penduduk Sergai. Ini menunjukkan betapa potensi pendidikan Sergai masih memerlukan ruang. Saya berharap agar kelak ada perguruan tinggi yang dapat berdiri di Sergai,” ucap Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Kepada para mahasiswa yang akan melakukan KKL, Bupati berpesan agar secara nyata mengabdikan ilmu yang telah dipelajari di tengah-tengah masyarakat Sergai. (boby/hm14)

Related Articles

Latest Articles