8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Tiga Pendaki yang Tersesat di Gunung Sibayak Ditemukan di Telaga Putri

Karo, MISTAR.ID

Menerima informasi adanya 3 orang yang tersesat di kawasan Gunung Sibayak, Polres Tanah Karo bersama Kodim 0205 TK, UPT Tahura, Basarnas, serta relawan melakukan upaya pencarian, Sabtu(25/11/23).

Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, melalui Kasat Samapta AKP Enda Tarigan mengatakan, pihaknya menerima informasi ada tiga orang pendaki tersesat dari personil Polhut UPT Tahura Bukit Barisan Agus Efendi Siregar.

Diketahui, pada Jumat (24/11/23) sekitar pukul 05.00 WIB, 4 orang warga Medan yakni Diwan (19), Hafiz (17), Luis (20) dan Aditya Prabowo(17), dari Posko Lestari Gunung Sibayak Desa Jaranguda, melakukan pendakian ke kawasan kaki Gunung Sibayak.

“Satu diantaranya Aditya Prabowo tidak melanjutkan perjalanan dikarenakan mendapat berita kemalangan dari keluarga dan kembali ke Posko Lestari Gunung. Sementara ketiga rekannya melanjutkan perjalanan ke atas bukit hingga diketahui tersesat dan putus kontak sejak, Jumat (26/11/23) sekitar pukul 18.30 WIB,” ujarnya.

Baca Juga : Tiga Pendaki Asal Medan Tersesat di Gunung Sibayak, Begini Kondisinya

Dilanjutkan Enda, atas informasi tersebut tim gabungan TNI Polri, UPT Tahura dan Basarnas, mulai melakukan pencarian di kawasan perbukitan Gunung Sibayak dengan membagi 2 tim, Sabtu (25/11/23) pagi.

Sore harinya sekitar pukul pukul 17.50 WIB, tim Basarnas memerima informasi dari Potensi SAR yang melaksanakan camping di lokasi Telaga Putri kawasan Gunung Sibayak, bahwa ada 3 orang pendaki yang mengaku tersesat, selanjutnya langsung berkoordinasi untuk mengamankan ketiga orang tersebut sembari menunggu tim 1 merapat ke Telaga Putri untuk evakuasi.

Tim 1 gabungan dari Polres Tanah Karo, Koramil 04, Polsek Simpang Empat dan Basarnas, kemudian langsung berangkat dari Posko Lestari menuju Telaga Putri.

Enda mengatakan, saat proses penjemputan, faktor hari sudah malam dan situasi serta cuaca di kawasan Gunung Sibayak yang sedang turun hujan dan berkabut sempat menyulitkan tim menelusuri jalan menuju Telaga Putri.

Hingga pada saat tim 1 berhasil tiba di Telaga Putri dan kembali menuju Posko Lestari, di perjalanan tim 1 sempat tersesat di daerah Sungai Kering dan jalur tidak tertembus karena hujan dan kabut tebal, kemudian berkoordinsi ke Posko Lestari dan kembali ke Telaga Putri, menunggu tim 2 untuk menyusul tim satu ke Telagah Putri.

Baca Juga : Waspada! Harimau Sumatera Berkeliaran di Jalur Pendakian Sibayak

Hingga Minggu (26/11/23) dini hari, sekitar pukul 00.45 WIB tim 1 dan tim 2 bersama 3 orang pendaki yang tersesat telah tiba di Posko Lestari Bukit Kapur Gunung Sibayak.

“Alhamdulillah, ketiga pendaki ditemukan dalam keadaan selamat dan sudah kita serahkan kepada pihak keluarga masing masing,” pungkas Kasat. (eva/hm24)

Related Articles

Latest Articles